Dampingi UMKM Ornamen, KKN 71 UMY Kembangkan Online Marketing

Dampingi UMKM Ornamen, KKN 71 UMY Kembangkan Online Marketing

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – Di masa pandemiseperti saat ini penjualan secara konvensional tidaklah cukup untuk terus bertahan dan berkembang di ranah pemasaran. Tim 71 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unviersitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggandeng Usaha Mikro,Kecil, dan Menengah (UMKM) Ornamen Nangnung Project di daerah Panggeran, Sleman dengan memperkenalkan online marketing.

“Kebetulan Nangnung Project selama ini hanya melakukan penjualan konvensional saja, lalu kami berinisiatif untuk membantu memasarkan lewat media online”, jelas Andika Alam, ketua tim KKN 71 UMY 2020 pada hari Jumat (21/8).

Kegiatan yang dilakukan antara lain seperti pembuatan akun media sosial instagram, facebook, dan website, pelatihan pengembangan online marketing dengan cara  beriklan di media sosial, dan pelatihan pembuatan konten yang menarik untuk Nangnung Project.

Selain itu tim KKN 71 juga mendaftarkan website resmi Nangung Project ke Google Search Console agar website dapat muncul di pencarian Google. Proses KKN didampingi oleh Filosa Gita Sukmono, sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Bersama dengan 7 mahasiswa lainnya, Andika menambahkan selain memperkenalkan online marketing, tim KKN juga membuat katalog produk, kartu nama, dan banner sebagai bentuk terkendalanya online purchasing UMKM tersebut. Oleh karena itu diharapkan dapat membantu dan memudahkan penjualan saat bertemu langsung dengan calon pembeli.

Kegiatan KKN yang berlangsung selama bulan Juli sampai dengan Agustus 2020 ini merupakan implementasi catur darma perguruan tinggi UMY secara nyata di bidang pengabdian di masa pandemi. Walaupun berkegiatan di masa pandemi tentunya tim KKN tetap mematuhi protokol kesahatan. (rvp)

Baca Juga:   Jurasic Komakom UMY Latih Dasar Jurnalistik