Peduli Kampung Halaman di Masa Pandemi, Mahasiswa UMY Bantu UMKM di Riau

Peduli Kampung Halaman di Masa Pandemi, Mahasiswa UMY Bantu UMKM di Riau

INDRAGIRI HILIR, Suara Muhammadiyah – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menunjukan kepeduliannya di masa pandemic. Mereka tergabung dalam tim  Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Berbasis Information Technology (IT) 204 UM. Kepeduliannya diwujudkan dengan melakukan pengabdian masyarakat pada Toko Klontong & Santan Nadya yang berada Pasar Kayu Jati, Tembilahan, Kab. Indragiri Hilir Prov. Riau. Kegiatan ini berlangsung selama bulan Juli, direncanakan sampai  dengan 31 Agustus 2020.

“Tujuan dari KKN ini adalah untuk membantu dan menjaga stabilitas UMKM Toko Klontong & Santan Nadya yang menyediakan produk bahan baku yang sering digunakan untuk menjadi bahan masakan ibu-ibu di rumah supaya di era andemi Covid-19 aktivitas jual beli tetap bisa berjalan, salah satunya penjualan menggunakan sosial media yakni Facebook,” ujar Ikhsan Karnanda, ketua tim KKN 204 pada hari Ahad (23/8) saat kunjungan rutin ke lokasi.

Menurutnya target dari KKN ini adalah untuk memperkenalkan bahwa produk bahan baku juga bisa dijual melalui pengembangan digital marketing yang apik yang disesuaikan dengan target konsumen, sehingga bisa menarik jaringan konsumen yang luas untuk berbelanja dengan nyaman dan tidak perlu repot-repot ke pasar.

Apalagi di era pandemi covid -19 ini perlu adanya pengembangan marketing agar tetap eksis dan laku jual pada masyarakat. Proses KKN Kelompok 204 ini didampingi oleh drg. Laelia Dwi Anggraini, Sp KGA, sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari Program Studi Kedokteran Gigi UMY.

Terdapat lima mahasiswa asli dari Kabupaten Indragiri Hilir dan satu mahasiswa dari Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau yang melaksanakan KKN ini.  Mereka berasal dari berbagai fakultas dan program studi UMY yang terlibat dalam kegiatan ini.

“Putra-putri daerah ini yang diharapkan akan mengantarkan Toko Klontong & Santan Nadya meraih yang terbaik walaupun masa pandemi panjang berlangsung dengan masuk ke pemasaran online,” jelas Laelia Dwi Anggraini.  

Baca Juga:   Hizbul Wathan Harus Pelopori Kesadaran Lingkungan

Leila menambahkan bahwa KKN UMY ini adalah bagian dari implementasi catur darma perguruan tinggi UMY secara nyata pada bidang pengabdian pada masyarakat di masa pandemi. “Berdasarkan monitoring kami sampai pertengahan pelaksanaan KKN IT, program KKN mendapatkan respon yang sangat positif,” pungkas Leila.(riz)