Penerima Beastudy Sang Surya Ikuti Pembinaan Lazismu Banyumas

Penerima Beastudy Sang Surya Ikuti Pembinaan Lazismu Banyumas

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah – Banyak dari masyarakat Indonesia yang memilki keinginan untuk melanjutkan pendidikan di perguan tinggi (PT) untuk meraih gelar sarjana. Namun, tidak banyak dari mereka yang mampu mewujudkan cita-citanya karena berbagai hal. Dilansir dari situs katadata, dari total jumlah warga Indonesia, yang menempuh jenjang pendidikan sarjana hanya berjumlah 7 juta jiwa, dan yang mampu meyelesaikan hingga mendapatkan gelar sarjana hanyalah 8,79 % dari total penduduk Indonesia. Dan hanya 30% dari total pelajar di Indonesia yang mampu melanjutka pendidkan di Perguruan Tinggi.

Berbagai alasan menyebabkan banyak dari warga Indonesia yang tidak mampu melanjutkan pendidikan mereka. Kondisi finansial keluarga yang tidak mampu, biaya kuliah yang terlalu tinggi, dan juga lainnya. Menghadapi hal tersebut, Lazismu memilki sebuah program berjudul Beastudy Sang Surya. Program tersebut ialah untuk membantu mewujudkan cita-cita generasi muda yang ingin melanjutkan pendidikan sarjana yang terkendala dengan masalah finansial.

Lazismu Banyumas melalui program Beastudy Sang Surya saat ini tengah membantu sebanyak 60 mahasiswa dalam mewujudkan cita-cita mereka. Dari 60 orang tersebut terbagi di beberapa Universitas di Indonesia, jenjang S1 dan S2, serta mahasiswa yang menempuh pendidikan di luar negeri.

Untuk meningkatkan pengetahuan serta menambah Ilmu dan Wawasan penerima dan calon Penerima Beasiswa, Lazismu Banyumas Mengadakan kegiatan Pembinan Penerima dan calon penerima beastudy sang surya Lazismu Banyumas pada hari Sabtu, 22 Agustus 2020 bertempat di Aula Abdu Dardiri Kantor PDM Banyumas. Acara tersebut diikuti oleh peserta sebanyak 36 orang dengan narasumber Ketua PDM Dr. Ibnu Hasan, M.Si, direktur eksekutif Lazismu Banyumas Sabar Waluyo, S.E. dan Dosen Fakulltas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto Encep Saefudin, S.E, M.Si.

Pada kesempatan pertama, Ketua PDM Banyumas Dr. Ibnu Hasan, M.Si menyampaikan materi tentang bagimana ber-Muhammadiyah sebagai mahasiswa binaan Lazismu Banyumas. Meningkatkan semangat berdakwah melalui Muhammadiyah dan bagaimana berorganisasi yang baik dan sehat di Muhammadiyah. “Ketika kita berbuat kebaikan kepada mereka (orang lain), bukan berarti kita ingin mendapatkan kebaikan dari mereka. Karena berbuat kebaikan itu adalah perintah Allah” ujar beliau ketika menyampaikan materi kepada peserta. Beliau juga menambahkan bahwa memberikan suatu kebaikan yang terbaik merupakan nilai kebaikan yang paling utama dan juga bagaimana ikhlas dalam memberikan kebaikan kepada orang lain. “Dengan kita memberikan kebaikan yang terbaik kepada orang lain, itulah nilai kebaikan yang paling tinggi. Dan Ridha Allah lah yang menjadi tujuan kita.”, tambah beliau.

Baca Juga:   Produktifitas Bertani, Lazismu Banyumas Adakan Program Sekolah Lapang

Materi kedua disampaikan oleh Dosen FAI UMP, Encep Saefudin, S.E, M.Si. beliau menyampaikan beberapa materi mengenai membaca peluang dan bagaimana cara me-manajemen waktu dalam menjalani kehidupan sebagai mahasiswa. Beliau juga menyampaikan tentang pengalamannya ketika dulu kuliah dan bagaimana mencari informasi-informasi beasiswa bahkan sampai keluar negeri. Beliau menuturkan “Ketika kita beraksi, kita harus mampu menjadi pelopor. Karena kita sebagai muslim.  Harus mampu mempelopori untuk berbuat kebaikan. Banyak yang khawatir ketika umat muslim bergerak. Karena akan berubah dunia ini. Kampus, lingkungan rumah, dll”. Beliau menyampaikan bahwa ketika mlakukan suatu perubahan maka harus mampu menjadi pelopor dan mengajak yang lainnya kepada kebajikan, karena menurut beliau para peserta harus menunjukan keseriusannya dalam menggapai cita-cita agar mampu membantu mahasiswa lainnya pada suatu saat nanti.

Materi terakhir atau materi ketiga disampaikan oleh Direktur Eksekutif Lazismu Banyumas Sabar waluyo, S.E. beliau berkesempatan menyampaikan mengenai program Beastudy sang Surya. Pada sesi ini beliau memberikan semangat kepada para peserta agar terus berjuang dengan sungguh-sungguh dalam menempuh pendidikan. Karena menurut beliau tidak banyak orang yang dapat merasakan pendidikan yang kini sedang dilaksanakan oleh para peserta yang hadir.

Dengan diadakannya acara tersebut, diharapkan para penerima manfaat beastudy sang surya menjadi lebih semangat dalam menempuh pendidikan. Serta merekatkan silaturahim baik antara peserta dengan Lazismu Banyumas dan juga antar peserta itu sendiri. Dengan adanya beasiswa yang diberikan, diharapkan mampu membantu generasi muda dalam mencapai cita-citanya dan bergerak maju dalam memajukan persyarikatan pada khususnya. (jnd)