UMSU Terjunkan 2.770 Mahasiswa KKN Bantu Masyarakat

UMSU Terjunkan 2.770 Mahasiswa KKN Bantu Masyarakat

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Dr Agussani, MAP melepas 2770 mahasiswa untuk mengikuti kegiata kuliah kerja nyata mandiri daring Tahun 2020.

Rektor UMSU, Dr. Agussani M.AP dalam sambutannya merasa bangga atas terlaksanakannya kegiatan KKN secara daring ini.  Meski dalam suasana  pandemic covid 19, namun program-program akademik masih bisa berjalan secara baik, termasuk KKN mahasiswa. “Hal ini  harus kita syukuri karena masih bisa melakukan proses akademik dengan lancar  sesuai aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah dan Kemendikbud,” katanya.

Kegiatan KKN ditahun ini  berbeda dengan sebelumnya, karena dilakukan secara mandiri dan daring di tempat tinggal masing-masing peserta. Begitupun, hal ni tidak menjadi pengurang semangat  mahasiswa peserta KKN untuk tetap melaksanakan kegiatan ini sampai tuntas sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

“Kita harus berfikir positif dan berdoa agar pandemic covid 19 ini segera berakhir sehingga kita dapat Kembali melaksanakan proses pembelajaran secara langsung,” ujarnya, Selasa (25/8).

Melalui para dosen pembimbing lapangan kegiatan KKN mandiri ini diyakini akan memiliki manfaat dan kontribusi yang besar kepada masyarakat. Para mahasiswa yang nantinya  bersentuhan secara lansung dengan kehidupan masyarakat diharapkan mampu menghadirkan penemuan-penemuan baru sebagai bentuk kontribusi positif yang membawa perubahan serta kontribusi bagi bangsa dan negara.

Kegiatan KKN ini juga diharapakan dapat mengasah soft skill mahasiswa dengan berinteraksi secara langsung dengan masyarakat dan aparat pemerintah sehingga dapat memahami permasalahan dan problematika yang ada di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Mahasiswa juga diharapkan mampu menjaga nama baik almamater melalui kegiatan ini dan menjadikan kesempatan ini menjadi ajang promosi universitas.

“Begitupun kepada para dosen pembimbing kegiatan ini diharapkan menjadi pengaplikasian terhadap tri darma perguruan tinggi,” tambah Agussani.

Baca Juga:   Wisata Sambil Belajar

Dirinya juga mengingatkan, mahasiswa peserta KKN untuk tetap mematuhi protocol Kesehatan yang berlaku dan menjadikan kegiatan KKN ini sebagai pembelajaran dan pengalaman. Seluruh mahasiswa diharapkan juga bisa menjadi sumber informasi dan edukasi bagi masyarakat. Tentunya ini yang diwujudkan melalui sikap, prilaku dan etika yang baik sesuai moto Universitas Muhammadiyah sumatera Utara, yaitu unggul, cerdas dan terpercaya.

Sebelumnya, Ketua Unit KKN UMSU Elvi Sahnur ST., M.Pd menyebutkan sesuai peraturan pemerintah nomor 21 tahun 2020 tentang pembatasan social berskala besar serta surat edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktoral Jendral Pendidikan Tinggi tanggal 23 maret 2020 tentang pembelajaran selama masa darurat covid 19 bahwa pelaksanaan pembelajaran dilakukan dari rumah study from home untuk menahan laju penyebaran covid 19.  Berdasarkan hal tersebut maka konsep KKN tahun ini dilaksanakan secara mandiri dan daring, yaitu KKN yang dilaksanakan secara individu dan pelaksanaanya di tempat tinggal masing-masing.

Evi menjelaskan kegiatan KKN mandiri daring ini dilaksanakan selama satu bulan penuh dimulai dari tanggal 25 Agustus-25 September 2020. KKN diikuti sebanyak 2770 mahasiwa, berasal dari 8 fakultas dengan jumlah dosen pembimbing lapangan (DPL) sebanyak 388 orang, ujarnya.

Pelepasan mahasiswa  peserta KKN  secara daring,  diikuti oleh wakil Rektor I, Dr. Muhammad Arifin SH., M.Hum, Wakil Rektor II Dr. Akrim S.pd.I., M.Pd, Wakil Rektor III Dr. Rudianto, S.Sos., M.Si, Sekretaris Universitas Gunawan S.Pdi., MT.H. Para Pimpinan Fakultas dan Dosen pembimbing lapangan.(syaifulh/riz)