PCIM Arab Saudi Kunjungi PP Muhammadiyah dan Tabligh Institute

PCIM Arab Saudi Kunjungan PP Muhammadiyah dan Tabligh Institute

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Sejumlah pengurus Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Arab Saudi mengunjungi gedung Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Tabligh Institute di Yogyakarta pada Rabu (26/8) kemarin.

Dalam program silaturrahmi kepada para pengurus Pimpinan Pusat Muhammadiyah selama liburan musim panas ini, pengurus PCIM Arab Saudi datang dari berbagai penjuru kota di Indonesia mulai dari sekitar Yogyakarta hingga dari Pulau Bali.

Rombongan tiba di kantor PP Muhammadiyah dan langsung disambut hangat oleh Tim dari Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Muhammadiyah. Meski suasana masih dalam masa Adaptasi Kebiasaan Baru, silaturrahmi dan diskusi selama 1 jam tersebut berjalan lancar.

Diantara point pembahasan pada pertemuan tersebut adalah tentang penyediaan konten dari PCIM untuk mengisi salah satu bagian Museum Muhammadiyah yang sedang dibangun. Khusus untuk PCIM Arab Saudi, harapannya dapat menelusuri jejak KH. Ahmad Dahlan selama belajar di Arab Saudi.

Selain itu, penerjemahan buku-buku induk Muhammadiyah ke Bahasa Arab juga menjadi harapan dari MPI kepada PCIM Arab Saudi dan PCIM lainnya di kawasan yang berbahasa Arab guna mengenalkan pergerakan Muhammadiyah ke sebanyak mungkin Masyarakat Dunia. Hal ini menjadi salah satu program Internasionalisasi Muhammadiyah yang direncanakan oleh PP Muhammadiyah.

PCIM Arab Saudi Kunjungi PP Muhammadiyah dan Tabligh Institute
PCIM Arab Saudi Kunjungan PP Muhammadiyah dan Tabligh Institute

Selepas Dhuhur, Rombongan bergerak menuju Tabligh Institute yang terletak tidak jauh dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. H. Fathurrahman Kamal, Lc, MSI. selaku ketua Majlis Tabligh PP. Muhammadiyah (2015-2020) menyampaikan banyak pesan penting kepada kader-kader Muhammadiyah di Arab Saudi pada pertemuan tersebut.

Fathurahman menghimbau agar setiap Mahasiswa yang diberikan kesempatan belajar di Arab Saudi benar-benar fokus untuk mencari ilmu sampai jenjang yang paling tinggi. “Jangan pulang sebelum doktor,” tegas Fathurrahman. Agar setelah pulang nanti dapat bermanfaat seluas-luasnya untuk umat.

Baca Juga:   Museum dari Masa Depan

Dirinya juga berpesan bahwa saat Allah Menempatkan hambanya di suatu tempat, ada maksud yang Allah Ingingkan dari hamba tersebut. Termasuk kesempatan belajar di Arab Saudi. Maka, jangan pernah menyiakan-nyiakan kesempatan untuk belajar di Arab Saudi.

Pada kesempatan tersebut, pengurus PCIM Arab Saudi juga melaporkan beberapa program yang telah terlaksana dan berkonsultasi tentang tantangan berdakwah di Arab Saudi. Selain H. Fathurrahman Kamal, Lc, MSI, hadir dalam kesempatan tersebut Drs. Anhar Anshori, M.Si., Ph.D, Ir. H. Muhammad Jafnan Affandi., M.Sc. dan beberapa pengurus Tabligh Institute lainnya.

Para pengurus PCIM Arab Saudi yang menghadiri acara Silaturrahmi tersebut merasa sangat bahagia dan terkesan atas terselenggaranya silaturrahmi secara langsung meski dalam kondisi yang masih belum normal dan jarak peserta acara yang berjauhan. (Hamka)