Hari Raya Yatim, Lazismu Uhamka Tebar 1000 Santunan

Hari Raya Yatim, Lazismu Uhamka Tebar 1000 Santunan

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Tanggal 10 Muharram disebut sebagai Hari Raya Yatim. Memperingati momentum iniLembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA  menebar kebaikan dengan menyantuni 1000 anak yatim piatu.

Santunan disalurkan kepada 66 yayasan yatim piatu melalui  dosen dan karyawan yang tersebar di Jabodetabek. Simbolis penyerahan santunan digelar di Kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHAMKA Jakarta yang dihadiri secara langsung oleh Wakil Rektor IV UHAMKA Dr. Bunyamin, M.Pd dan Bendahara Lazismu UHAMKA Wahidin, M.Pd, Sabtu (29/8).

Wakil Reaktor IV UHAMKA, H Bunyamin mengapresiasi pembagian santunan bagi 1000 anak yatim piatu yang disebar ke puluhan yayasan yatim piatu se-Jabodetabek . Begitu juga Dosen dan Karyawan UHAMKA yang menjadi relawan sosial yang turut mendistribusikan santunan ini di 66 yayasan yang berada di lingkungannya.

Dengan kegitan  ini setidaknya  telah membantu pemerintah daerah dalam menekan angka Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial serta dalam penanganan dampak sosial Covid-19 di Jabodetabek.

“Pelaksanaannya cukup berbeda dari kegiatan yang pernah ada sebelumnya. Penyaluran santunan anak yatim piatu disebar melalui perwakilan Dosen dan karyawan dan secara simbolis diserahkan di daerahnya masing-masing. Sebab itu, kegiatan dilakukan secara terbatas untuk mengindari kerumunan massa,” ujar Bunyamin.

Sementara itu, koordinator pelaksana kegiatan, Wahidin menjelaskan santunan kepada 1000 anak yatim piatu  yang tersebar di 66 titik yayasan yatim piatu yang didistribusikan oleh dosen dan karyawan uhamka. Selain itu, dibagikan Sembako kepada para anak yatim sebagai kepudilian sosial di tengah pandemi COVID 19.

 “Alhamdulillah saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh keluarga besar Universitas Muhammadiyah Prof. DR HAMKA  yang terdiri dari para dosen dan karyawan yang sangat antusias menyelenggarakan kegiatan ini  Mereka terlibat aktif dalam memberikan sedekah dan juga dikepanitiaan. Dana yang terkumpul dari keluarga besar UHAMKA ini kami manfaatkan untuk berbagi bersama anak anak panti asuhan,” ungkap Wahidin.

Baca Juga:   Kajian Pilar NA: Kunci Sehat Aktivis Persyarikatan

Ketua Kantor Layanan Lazismu UHAMKA Drs Nandi Rahman menyampaikan suka cita dan kebahagiaannya melihat perhelatan besar dapat digelar serentak tepat pada tanggal 10 Muharam 1442 H oleh Lazismu UHAMKA.

Nandi bersyukur di tahun ini Lazismu UHAMKA dapat menggelar kegiatan yang bermanfaat bagi ribuan anak yatim di 66 Yayasan Yatim Piatu. “Ada hadits yang menyebutkan bahwa sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama. Begitu halnya Lazismu UHAMKA juga harus memberi manfaat bagi masyarakat di sekitarnya,” ungkapnya. (Riz)