STKIP Muhammadiyah Kalabahi Sesuaikan PPL di Masa Pandemi

STKIP Muhammadiyah Kalabahi Sesuaikan PPL di Masa Pandemi Dok Mahensapictures

ALOR, Suara Muhammadiyah – STKIP Muhammadiyah Kalabahi sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang ada di Kabupaten Alor terus berbenah dengan tetap melaksanakan agenda akademiknya sekalipun di masa pandemi.  Salah satunya adalah agenda Praktek Pengalaman Lapangan (PPL).

Sebagaimana tertuang dalam Kalender Akademik STKIP Muhammadiyah Kalabahi, pelaksanaan PPL akan dilaksanakan mulai Bulan September hingga Desember 2020.  Berkenaan dengan itu, maka pada tanggal 09 – 12 September 2020 dilaksanakan kegiatan pembekalan bagi para mahasiswa peserta PPL. 

Kepala BAAK STKIP Muhammadiyah Kalabahi, Yakin A. Asikin S.Pd.I.,M.Pd dalam sambutan pada pembukaannya menyampaikan beberapa point penting terkait dengan pelaksanaan kegiatan PPL ini.

“Di STKIP Muhammadiyah ini hari demi hari kita disibukkan dengan berbagai kegiatan akademik, termasuk PPL yang mengharuskan kita untuk terus bergerak.  Kita harus terus bergerak, sebagai tanda kita sebagai manusia.  Dengan bergerak kita akan terlihat hidup dan mampu menghidupkan orang lain.  Kalau tidak bergerak kita akan mati,” demikian Yakin mengawali sambutannya.

“Sebagai duta yang dikirim ke sekolah-sekolah mitra STKIP Muhammadiyah, teman-teman harus menampakkan pergerakan yang baik.  Bergeraklah dalam memberikan pendidikan dan pengajaran, sebagai jalan untuk mengamalkan ilmu yang selama ini diperoleh di dalam ruangan perkuliahan.  Bergerak maka  akan dipakai (musta’mal), kalau sudah dipakai maka akan dipandang (mu’tabar), jika sudah dipandang maka akan dihormati (muhtarom),” lanjutnya.

Di akhir sambutannya, Yakin menyampaikan motivasi kepada mahasiswa peserta PPL agar memberikan kesan yang baik selama melaksanakan kegiatan di sekolah yang dituju.

“Teman-teman harus memberikan kesan yang baik.  Ikuti segala aktifitas di sekolah sesuai dengan Kode Etik yang ada di sekolah bersangkutan.  Apa yang dilakukan oleh teman-teman yang berdampak kepada sikap sekolah untuk menerima atau tidak menerika delegasi STKIP Muhammadiyah pada kegiatan PPL berikutnya.  Teman-teman datang ke sekolah tujuan dengan membawa STKIP Muhammadiyah Kalabahi secara khusus dan umumnya Muhammadiyah sebagai salah satu Organisasi Kemasyarakatan yang juga bergerak di bidang pendidikan,” pungkasnya, dilanjutkan dengan membuka kegiatan pembekalan PPL tersebut.

Baca Juga:   MDMC Terjunkan Tim Kesehatan Antisipasi Kerusuhan

Dalam kegiatan pembekalan ini, ada beberapa materi yang disampaikan sebagai bekal para peserta dalam kegiatan PPL nantinya.  Materi-materi tersebut seperti : Konsep Dasar PPL Kependidikan, Kode Etik Mahasiswa PPL, Implementasi K13 di Sekolah Dasar, Implementasi K13 di Sekolah Menengah, Perangkat Pembelajaran SD/SMA Berdasarkan Kurikulum 2013, Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis IT, Penyusunan dan Penilaian Laporan PPL

Pada Tahun 2020 ini, kegiatan PPL diikuti oleh 41 orang Mahasiswa dari dua Program Studi, yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Pendidikan Matematika.

“ Ada 35 orang mahasiswa peserta PPL dari Prodi PGSD.  Mereka akan ditempatkan di sekolah-sekolah yang selama ini menjadi mitra kampus, yaitu SD Islam Cokroaminoto 1 Kalabahi, SD Islam Cokroaminoto 2 Kalabahi, SD Inpres Kalabahi Tengah VI, SD Inpres Moepali, MIN 4 Alor, SD GMIT Lawahing MIN 6 Alor, SD Inpres Kampung Binongko dan SD Inpres Bungawaru,” kata Rahmad Nasir, M.Pd. selaku Kaprodi PGSD.

“Kalau di Prodi Pendidikan Matematika, mahasiswa yang mendaftar tahun ini berjumlah 6 orang.  Mereka akan ditempatkan di SMP Muhammadiyah Ekosari, SMA Muhammadiyah Kalabahi dan SMP Negeri Cokroaminoto Kalabahi,” demikian yang disampaikan Istiqamah, M.Pd sebagai Kaprodi Pendidikan Matematika. (Raspa/Riz)