KKMI Tingkatkan Mutu Madrasah Muhammadiyah di Kulon Progo

KKMI Tingkatkan Mutu Madrasah Muhammadiyah di Kulon Progo

KULON PROGO, Suara Muhammadiyah – Kelompok Kepala Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Muhammadiyah se-Kulon Progo  mengadakan musyawarah rutin satu bulan sekali yang diadakan di MI Muhammadiyah Garongan jalan Daendels, Garongan, Panjatan, Kulon Progo.  

Kegiatan sejumlah 9 MI Muhammadiyah ini sebagai tempat bagi Kepala Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah di Kulon Progo bertujuan untuk meningkatkan mutu madrasah Muhammadiyah di madrasah masing-masing dan sharing  pengimbasan pengetahuan di dalam forum tersebut.

Kepala MI Muhammadiyah Garongan,  Siti Nurhayati, S.Ag.M.S.I dalam sambutannya menyampaikan profil MIMUHGA yang berdiri sejak tahun 1978 dan berharap madrasah pesisir ini di tahun kedepan menjadi pilihan masyakat karena dapat mencetak generasi kader Muhammadiyah yang berakhlakul kharimah.

Dalam menghadapi perkembangan zaman terutama di Kab Kulon Progo yang lokasi MIMUHGA 3 km sebelah timur Bandara baru YIA semua tidak lepas dari  bimbingan para guru yang luar biasa dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlasnya.

Demikian disampaikan di hadapan Majelis Dikdasmen PDM Kulon Progo, PCM Panjatan, PRM Panjatan, kepala MI Muh se KP  juga semua guru MIMUHGA yang hadir pada acara  hari Rabu (9/9/2020).

Kurikulum di masa pandemi covid-19 untuk memperhatikan kegiatan belajar di rumah (BDR) dengan pemantaun yang baik, dan mengupayakan pembelajarannya dengan modul, mengikuti suplemen kurikulum yang dibuat oleh satuan pendidikan.

KKMI sebagai wadah kegiatan yang betujuan untuk meningkatkan mutu madrasah upayakan selalu eksis dalam program kegiatan untuk maju bersama-sama madrasah dengan cara mengaktifkan kegiatan KKMI Muhammadiyah untuk saling sharing pengetahuan berbagai pengalaman antar kepala MI.

“Sehingga madrasah Muhammadiyah yang dibawah naungan Kemenag di Kabupaten Kulon Progo dapat menjadi madrasah yang tidak tertinggal dengan lainnya. Selain itu, diharapkan kepada madrasah masing-masing perlu menonjolkan salah bidang agar madrasah menjadi lebih maju lagi,” tutur ketua Majlis Dikdasmen PDM Kab. Kulon Progo  Drs. H Mawardi

Baca Juga:   Haedar Nashir akan Sampaikan Public Lecture di Monash University

 Senada yang disampaikan oleh ketua PCM Agus Suryanto Jumantri menyatakan upayakan MIMUHGA aktif bersinergi dalam kegiatan KKMI Muhammadiyah Kab. Kulon Progo dalam rangka mencetak kader  Muhammadiyah.  PCM Panjatan dan PRM Garongan  yang diketuai oleh Drs Agus Burhan senantiasa berupaya mengawal kegiatan program  MIMUHGA sebagai madrasah satu satunya di wilayah PCM Panjatan .

 Harapannya KKMI Muhammadiyah Kabupaten Kulon Progo akan selalu kompak dan adanya guru yang mencetak generasi penerus baru yang gigih melanjutkan dalam memajukan Muhammadiyah ke depannya.

“Selain itu juga agar madrasah Muhammadiyah dapat tetap diminati banyak masyarakat tentunya sekolah perlu melakukan berbagai inovasi baru, juga perlu menonjolkan di bidang keagamaan seperti Tahfidz, tahsin, Khatam, pembiasaan wudhu, shalat dhuha, dan kegiatan literasi Al Qur’an bagi siswa,” ucap ketua KKMI Muhammadiyah Rujito, M.Pd.I. (Rizti/Siti)