Matangkan Kerja Sama: SM Kunjungi Banyumas dan Banjarnegara

SM Kunjungi PDM Banyumas

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah – Direktur Utama PT Syarikat Cahaya Media (SCM) Deni Asy’ari melakukan berkunjung ke Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Banyumas, Rabu (9/9).

Kunjungan silaturahim Deni Asy’ari bersama rombongan Suara Muhammadiyah ditemui secara langsung oleh Ketua PDM Banyumas Dr Ibnu Hasan di Gedung Dakwah PDM Banyumas. Juga dihadiri jajaran PDM Banyumas dan Direktur Lazismu Banyumas Sabar Waluyo, SE.

Pertemuan ini merupakan kunjungan balasan di mana sebelumnya Ketua PDM Banyumas Dr Ibnu bersama Lazismu Banyumas mengunjungi Grha Suara Muhammadiyah beberapa waktu lalu.

Maksud dari kunjungan Direktur PT SCM/Suara Muhammadiyah kali ini adalah dalam rangka survei lokasi untuk pengembangan ekonomi seperti SM Corner dan SM Logistic yang akan didirikan di Banyumas.

Dr Ibnu Hasan menyampaikan, setelah meresmikan gedung PDM, tahap selanjutnya yaitu akan mengembangkan ekonomi. “Setelah ada KBIH Banyumas, LazisMu, akan membuka SM Corner dan SM Logistic,” tuturnya.

Banjarnegara Jadi Pilot Project Bulogmu Luar DIY

Dalam rangka pengembangan jaringan Bulogmu,  manajemen Bulogmu berkunjung ke beberapa tempat di Jawa Tengah,   salah satunya diantaranya Banjarnegara,  Rabu-Kamis (9-10/9/2020). Kota ini akan menjadi pilot project dalam pendirian stock point dam agen bulogmu di luar DIY dan telah memenuhi persyaratan khusus yang ditetapkan sehingga momentum ini bisa menjadi ladang percontohan untuk mendirikan bulogmu di daerah-daerah.

Deni Asy’ari,  selaku direktur PT Syarikat Cahaya Media dalam pertemuan dengan agen dan stock point di Banjarnegara mengatakan bahwasanya Banjarnegara menjadi percontohan bagi pendirian Bulogmu di luar DIY yang sudah memenuhi persyaratan khusus agen luar DIY.  Adapun persyaratan khusus yang dimaksud adalah 40 agen yang didaftarkan dan 2 stock point.

“Banjarnegara sudah memenuhi kuota yang menjadi syarat khusus pendirian Bulogmu di luar DIY. Nantinya,  Banjarnagera ini bisa menjadi pertama pendirian Bulogmu dan ladang percontohan bagi daerah lainnya,” ujar Deni.

Baca Juga:   Abdul Mu’ti: Era Digital, Guru Harus Lebih Fleksibel  dan Bisa Menjawab Berbagai Realitas Beragama

Minat pendaftaran untuk mendirikan Bulogmu di daerah-daerah cukup tinggi menimbang kebutuhan pokok adalah pilihan usaha yang dibutuhkan oleh masyarakat luas,  meskipun di tengah pandemi,  namun usaha ini justru meningkat. Meskipun bulogmu baru berjalan selama 4 bulan,  namun permintaan pendirian bulogmu justru semakin meningkat. Di wilayah DIY saja,  sudah ada 200 agen yang sudah bermitra dengan Bulogmu.

Matangkan Kerja Sama: SM Kunjungi Banyumas dan Banjarnegara
Banjarnegara Jadi Pilot Project Bulogmu Luar DIY

Sementara itu,  Nurkholis selaku penanggungjawab Bulogmu di wilayah Banjarnegara mengatakan minat dan daya tarik mendirikan Bulogmu di wilayah ini cukup tinggi,  baik dari pimpinan persyarikatan setempat maupun warga persyarikatan Muhammadiyah. Sedikitnya hingga berita ini diturunkan,  sudah ada 43 agen yang mendaftarkan diri Bulogmu setempat sehingga Kholis berharap produk bulogmu bisa segera didistribusikan ke wilayah Banjarnegara.

Sebelumnya,  dalam kesempatan yang sama,  manajemen Suara Muhammadiyah sejak hari Rabu,  juga mengunjungi PDM Banyumas dan beberapa calon supplier dari para petani Muhammadiyah di lingkungan Purworejo,  Kebumen,  Banyumas,  dan Banjarnegara dalam rangka pengembangan dan pemberdayaan petani untuk mendistribusikan produk ke agen agen bulogmu.

Hal ini sebagai wujud visi bulogmu untuk memberdayakan hulu dan hilirnya sehingga kekuatan ekonomi jamaah bisa terbentuk untuk saling memberdayakan bersama dengan produk lokal setempat dan dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

Pemberdayaan Produk Lokal

Potensi produk lokal di Banjarnegara cukup potensial. Sebelumnya Bulogmu mengunjungi beberapa lokasi salah satunya,  Tepung Mocaf. Produk lokal tepung sehat bebas gluten ini,  tengah dikembangkan warga Muhammadiyah. Riza,  CEO tepung mocaf menyampaikan bahwa tepung mocaf ini diharapkan bisa bergabung dengan Bulogmu dalam upaya pengembangan bisnis bersama.

Deni Asy’ari menyambut baik kehadiran tepung mocaf ini sebagai salah satu produk yang nantinya dapat menjadi salah satu produk dari bulogmu. Tak hanya itu,  beberapa produk unggulan seperti abon surya maupun produk produk petani Muhammadiyah lainnya yang sekiranya memiliki nilai jual dan potensial bisa dikerjasamakan dengan bulogmu. (red)