Problem Sanad Hadits “Khilafah ala Minhaj an-Nubuwwah”

Problem Sanad Hadits “Khilafah ala Minhaj an-Nubuwwah”

Problem Sanad Hadits “Khilafah ala Minhaj an-Nubuwwah”

Oleh Muhamad Rofiq Muzakkir

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ دَاوُدَ الطَّيَالِسِيُّ، حَدَّثَنِي دَاوُدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْوَاسِطِيُّ، حَدَّثَنِي حَبِيبُ بْنُ سَالِمٍ، عَنِ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ، قَالَ: كُنَّا قُعُودًا فِي الْمَسْجِدِ مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَكَانَ بَشِيرٌ رَجُلًا يَكُفُّ حَدِيثَهُ، فَجَاءَ أَبُو ثَعْلَبَةَ الْخُشَنِيُّ، فَقَالَ: يَا بَشِيرُ بْنَ سَعْدٍ أَتَحْفَظُ حَدِيثَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فِي الْأُمَرَاءِ؟ فَقَالَ حُذَيْفَةُ: أَنَا أَحْفَظُ خُطْبَتَهُ، فَجَلَسَ أَبُو ثَعْلَبَةَ، فَقَالَ حُذَيْفَةُ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” تَكُونُ النُّبُوَّةُ فِيكُمْ مَا شَاءَ اللهُ أَنْ تَكُونَ، ثُمَّ يَرْفَعُهَا إِذَا شَاءَ أَنْ يَرْفَعَهَا، ثُمَّ تَكُونُ خِلَافَةٌ عَلَى مِنْهَاجِ النُّبُوَّةِ، فَتَكُونُ مَا شَاءَ اللهُ أَنْ تَكُونَ، ثُمَّ يَرْفَعُهَا إِذَا شَاءَ اللهُ أَنْ يَرْفَعَهَا، ثُمَّ تَكُونُ مُلْكًا عَاضًّا، فَيَكُونُ مَا شَاءَ اللهُ أَنْ يَكُونَ، ثُمَّ يَرْفَعُهَا إِذَا شَاءَ أَنْ يَرْفَعَهَا، ثُمَّ تَكُونُ مُلْكًا جَبْرِيَّةً، فَتَكُونُ مَا شَاءَ اللهُ أَنْ تَكُونَ، ثُمَّ يَرْفَعُهَا إِذَا شَاءَ أَنْ يَرْفَعَهَا، ثُمَّ تَكُونُ خِلَافَةً عَلَى مِنْهَاجِ نُبُوَّةٍ ” ثُمَّ سَكَتَ، قَالَ حَبِيبٌ: ” فَلَمَّا قَامَ عُمَرُ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ، وَكَانَ يَزِيدُ بْنُ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ فِي صَحَابَتِهِ، فَكَتَبْتُ إِلَيْهِ بِهَذَا الْحَدِيثِ أُذَكِّرُهُ إِيَّاهُ، فَقُلْتُ لَهُ: إِنِّي أَرْجُو أَنْ يَكُونَ أَمِيرُ الْمُؤْمِنِينَ، يَعْنِي عُمَرَ، بَعْدَ الْمُلْكِ الْعَاضِّ وَالْجَبْرِيَّةِ، فَأُدْخِلَ كِتَابِي عَلَى عُمَرَ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ فَسُرَّ بِهِ وَأَعْجَبَهُ ” ]رواه أبو داود الطيالسى و أحمد و اللفظ له و البزار و الطبرانى[

Sulaiman bin Dawud al-Thayalisiy telah meriwayatkan sebuah hadits kepada kami; [di mana ia berkata] Dawud bin Ibrahim al-Wasithiy telah menuturkan hadits kepadaku. [Dawud bin Ibrahim berkata], Habib bin Salim telah meriwayatkan sebuah hadits dari Nu’man bin Basyir dimana ia berkata: Kami sedang duduk di dalam Masjid bersama Nabi saw, Basyir adalah seorang laki-laki yang sedikit bicara. Lalu, datanglah Abu Tsa’labah al-Khusyaniy seraya berkata, Wahai Basyir bin Sa’ad, apakah kamu hafal hadits Nabi saw yang berbicara tentang para pemimpin? Hudzaifah menjawab, Saya hafal khuthbah Nabi saw.  Hudzaifah berkata, Nabi saw bersabda,

Akan datang kepada kalian masa kenabian, dan atas kehendak Allah masa itu akan datang. Kemudian, Allah akan menghapusnya, jika Ia berkehendak menghapusnya. Setelah itu, akan datang masa khilafah ‘ala Minhaaj al-Nubuwwah; dan atas kehendak Allah masa itu akan datang. Lalu, Allah menghapusnya jika Ia berkehendak menghapusnya. Setelah itu, akan datang kepada kalian, masa raja menggigit (raja yang zalim), dan atas kehendak Allah masa itu akan datang. Lalu Allah menghapusnya, jika Ia berkehendak menghapusnya. Setelah itu, akan datang masa raja diktator (pemaksa); dan atas kehendak Allah masa itu akan datang; lalu Allah akan menghapusnya jika berkehendak menghapusnya. Kemudian, datanglah masa Khilafah ‘ala Minhaj al-Nubuwwah. Setelah itu, beliau diam.

Ketika Umar bin  Abd Aziz menjadi pemimpin (khalifah) dan Yazid bin Nu`man bin Basyir pada saat itu adalah temannya, aku menulis surat kepadanya  dengan hadis ini, aku ingatkan  dia akan hadis ini. Aku katakan kepadanya, sesungguhnya  aku berharap ia, yakni Umar (ibn Abdul Aziz), menjadi Amirul Mukminin  setelah raja yang lalim dan diktator. Surat ku ini disampaikan kepada Umar bin  Abd Aziz, lalu  beliau pun merasa  gembira dan tertarik padanya [HR Abu Dawud al-Thayalisi, Ahmad dan lafal ini darinya, al-Bazzar dan al-Thabrani].

Baca Juga:   Jihad Perang dan Jihad Damai

Takhrij

  1. Abu Sulaiman Dawud al-Thayalisi (204 H). Musnad al-Thayalisi. Editor: Muhammad ibn Abdul Muhsin al-Turkiy. Bab “Ahadits Hudzaifah al-Yaman Rahimahullah”, jilid 1, hal. 349, hadis no. 439. (Mesir: Dar Hajar, 1419/1999).
  2. Ahmad ibn Hanbal (241 H). Musnad Ahmad. Editor: Syuaib al-Arnauth. Bab “Hadits al-Nu’man ibn Basyir an al-Nabiyyi Saw.”, jilid 30, hal. 355, hadis no 18406. (Kairo: Muassasah al-Risalah, 2001/1421).  
  3. Abu Bakar Ahmad ibn Amru al-Bazzar (w. 292 H). Musnad al-Bazzar. Editor: Mahfuz al-Rahman Zain Allah. Bab “al-Nu’man ibn Basyir an Hudzaifah”, jilid 7, hal. 223, hadis no. 2796. (Madinah: Maktabah al-Ulum wa al-Hikam, 2009).
  4. Sulaiman ibn Ahmad Abu al-Qasim al-Thabrani (360 H). Mu’jam al-Thabrani. Editor: Hamdi al-Salafiy. Bab “Ma jaa fi fasad al-nas ‘inda izhari al-khumur wa ishtilal al-harir wa al-furuj”, jilid 1, hal. 157, hadis no. 368. (Kairo : Maktabah Ibni Taimiyah, 1994/1415). 

Mata Rantai (Sanad) Hadits

Problem Sanad Hadits “Khilafah ala Minhaj an-Nubuwwah”
Mata Rantai (Sanad) Hadits

Problem Sanad

Sanad hadis di atas dibagi menjadi dua jalur. Jalur pertama adalah jalur al-Thabrani, jalur kedua adalah jalur al-Bazzar, Ahmad dan Abu Dawud al-Thayalisi.

a. Jalur al-Thabrani

Di dalam jalur al-Thabrani, terdapat dua perawi yang menjadi problem hadis, yaitu Habib ibn Abi Tsabit dan laki-laki dari Quraisy. 

  1. Habib ibn Abi Tsabit:

Mengenai sosok ini, di dalam kitab biografi perawi-perawi hadis kita membaca banyak pujian-pujian ulama hadis terhadap dirinya. Selain kredibel (tsiqah) dan jujur (shuduq), ia juga disebut sebagai salah satu dari tiga tokoh yang biasa memberikan fatwa di Kufah pada masanya. Namun demikian, selain puj