Lazismu Banjarbaru Peduli Warga Lokalisasi dengan Pemberdayaan UMKM

Bantuan program pemberdayaan UMKM oleh Abdul Aziz (kiri, ketua Badan Pengurus Lazismu Banjarbaru) dan Tito Dwi Wirawan (kanan, Manajer Lazismu Banjarbaru) Dok Suluh Media

BANJARBARU, Suara Muhammadiyah – Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Banjarbaru bersama dengan PKH (Program Keluarga Harapan) Kota Banjarbaru melaksanakan pentasyaarufan sembako dan bantuan untuk UMKM.

Ada yang menarik pada pentasyaarufan kali ini. Salah satu penerima bantuan UMKM ini tinggal di kawasan lokalisasi yang masih aktif di kota Banjarbaru, Jumat (11/09/2020).

Salah satu warga lokalisasi ini merasa tidak percaya karena masih diperhatikan dan diberikan bantuan oleh Lazismu Banjarbaru padahal tinggal di daerah lokalisasi yang masih aktif.

Sempat hendak menolaj bantuan tersebut. Namun, pada akhirnya setelah dijelaskan oleh Abdul Aziz selaku ketua Badan Pengurus Lazismu Banjarbaru, beliau pun menerima bantuan tersebut sambil meneteskan air mata. Pentasyaarufan tersebut diwarnai dengan suasana haru yang dalam.

Bantuan yang diberikan berupa sembako seperti tepung gandum, tepung beras, gula, beras, dan lain-lain. Juga peralatan rumah tangga untuk UMKM seperti wajan, toples-toples dan kompor beserta regulator dan tabung gas. Selain bantuan berupa sembako dan peralatan rumah tangga, Lazismu Banjarbaru juga memberikan bimbingan mengelola UMKM selama 3 bulan kepada para penerima.

Pada kali ini ada 3 UMKM yang mendapatkan bantuan, yakni UMKM kue cipir Bu Nurhayati milik ibu Nurhayati, UMKM kedai 10 bersaudara milik Putra Bersaudara, dan UMKM Nasi pecel Bu Parti milik Ibu Parti.

Pada kegiatan kali ini, Lazismu Banjarbaru bekerjasama dengan PKH untuk mendapatkan data penerima bantuan tersebut.

Program pemberdayaan UMKM ini merupakan program nasional dari Lazismu yang dilaksanakan bekerjasama dengan Wardah Cosmetics, Alfamart dan Anggoro Eko Cahyo. (Zahra)

Baca Juga:   Pemuda Muhammadiyah Serius Laporkan Ruhut ke MKD DPRRI