KKN UMY Kembangkan Penjualan UMKM Galeri Batik Kote Singkawang Melalui Digital Marketing

SINGKAWANG, Suara Muhammadiyah-Tim 155 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan pengabdian masyarakat di Galeri Batik Kote Singkawang.  Sebuah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di Singkawang, Kalimantan Barat. Kegiatan ini berlangsung selama bulan Juli sampai dengan Agustus 2020.

“Tujuan KKN ini adalah untuk memberdayakan UMKM yang terkena dampak dari pandemi Covid-19 . Oleh karena itu kelompok KKN 155 mengajak Galeri Workshop Kote Singkawang untuk mengikuti program KKN UMY berbasis IT untuk membantu pada permasalahan pemasaran dan penjulan produk secara digital,” jelas Muhammad Kosasih, ketua tim KKN 155 pada Selasa (25/8/2020).

Kosasih menambahkan bahwa target dari KKN ini adalah untuk pengembangan UMKM melalui pengembangan digital marketing dan bidang-bidang lainnya yang sesuai dengan kebutuhan UMKM.

“Dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, banyak UMKM yang mengalami kesulitan, nah dengan program pengabdian kami melalui KKN berbasis teknologi informasi digital ini, kami ingin membantu,” tambahnya

“Dengan adanya KKN UMY ini, saya merasa mendapatkan banyak manfaat mulai dari pengetahuan tentang branding dan marketing, pembuatan marketplace serta cara memfoto produk dengan baik,” jelas Priska, Pemilik UMKM Galeri Kote Singkawang pada Selasa (01/09/2020).

Proses KKN didampingi oleh ibu Dian Azmawati, S.IP. M.A., dari Program Studi Hubungan Internasional UMY, sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).  Ada lima mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan KKN yang berasal dari berbagai fakultas dan program studi di UMY. KKN ini adalah bagian dari implementasi catur darma perguruan tinggi UMY secara nyata di bidang pengabdian pada masa pandemi Covid-19.

Baca Juga:   PBNU Ucapkan Selamat Milad Muhammadiyah ke-108