‘Aisyiyah Deli Serdang Wujudkan Desa Bebas Tuberculosis

‘Aisyiyah Deli Serdang Wujudkan Desa Bebas Tuberculosis

DELI SERDANG, Suara Muhammadiyah  –  Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Deli Serdang yang terangkum dlm SSR Community TB-Hiv Care Aisyiyah Deli Serdang telah melaksanakan FGD perdana untuk  wilayah Sumut. Dalam rangka analisis situasi TBC di desa Pasar miring menuju intervensi desa bebas TBC.

Dalam acara FGD ini Ketua PDA Deli Serdang Yenny Dermawan menyampaikan bahwa gerakan penanggulangan TBC ini merupakan gerakan Dakhwah Aisyiyah di bidang kesehatan yang sudah berjalan dari tahun 2014. Sebelum terlaksana FGD ini sudah pasti para fasilitator telah melalukan analisa situasi TBC di desa Pasar Miring ini yang bertujuan utk membebaskan desa dari penyakit TBC.

Yenni Darmawan berharap dalam FGD ini bisa terwujud komunitas masyarakat yang peduli terhadap gerakan penanggulangan TBC di desa Pasar Miring dan lahirnya kebijakan-kebijakan aparat desa yang mendukung gerakan intervensi desa bebas TBC. “Semakin banyak desa yang terbebas dari TBC maka semakin mudah untuk kita semua berperan dalam mengeliminasi TBC di 2030,” tegas Yenni.

Sementara itu, Kades desa Pasar Miring dalam sambutan nya sekaligus membuka acara FGD menyampaikan bahwa gerakan Aisyiyah di bidang kesehatan sangat Aktif. Sebelumnya juga mengadakan pemberian makanan tambahan bagi 250 balita yang ada di desa Pasar Miring serta  mengadakan Hari TB dengan gerakan 1.438 ketukan pintu untuk menjaring suspek baru penderita TBC.

Kegiatan tbCare di desa Pasar Miring kembali di pilih menjadi pilot projek intervensi desa menuju desa bebas TBC yang sudah di analisa para fasilitator desa yang di latih oleh Aisyiyah Deli Serdang. Mengupayakan agar program intervensi desa bebas dari TBC ini dapat masuk dlm musrenbangdes yang nantinya akan di sahkan pada program kerja desa.

Pada akhir kegiatan,  Kades Santoso S.Sos berkata akan selalu mensejahterakan masyarakat nya apa lagi ini menyangkut kesehatan. Kata Santoso, para kader TB yang ada desa Pasar Miring sudah terdaftar sebagai kader desa. (syaifulh/riz)

Baca Juga:   Hari TB Sedunia, Aisyiyah Tegal Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Tentang TB