24.4 C
Yogyakarta
Senin, Oktober 26, 2020

Farmasi UMP Juara Nasional Karya Tulis Ilmiah

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Guru SMP Aisyiyah Boarding School Pinrang Ikuti Pelatihan Figur

PINRANG- SMP Aisyiyah Boarding School (ABS) Pinrang mengutus 2 guru mengikuti Pelatihan pembuatan video Pembelajaran yang digelar oleh Figur (Forum Inspirasi Generasi...

UMSU Peduli Kemajuan Masyarakat Melayu

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Sumater Utara (UMSU) peduli akan kemajuan masyarkat melyayu. Di usianya yang genap setahun, Pakat Melayu merasa...

Haedar Nashir: Dokter Pelopor Kemanusiaan dan Kenegarawan

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Menyambut Hari Dokter Indonesia 24 Oktober 2020, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr Haedar Nashir, MSi berharap...

AMM Jetis Bantul Droping Air Bersih Serentak di Gunungkidul

GUNUNGKIDUL, Suara Muhammadiyah - Angkatan Muda Muhammadiyah Jetis Bantul sukses menyelenggarakan Droping Air Bersih #02 di wilayah Gunungkidul Ahad, 18 Oktober 2020....

Universitas Muhammadiyah Papua untuk Kemajuan Pendidikan Bumi Cendrawasih

JAYAPURA, Suara Muhammadiyah – STIKOM Muhammadiyah Papua bertransformasi menjadi Universitas Muhammadiyah Papua. Berdirinya Universitas Muhammadiyah Papua adalah untuk kemajuan pendidikan Bumi Cendrawasih.
- Advertisement -

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah – Tim Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berhasil meraih juarai Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTI) BRM FMIPA yang diselenggarakan oleh Universitas Tadulako pada 15 September 2020.

Tim dalam lomba ini terdiri dari tiga mahasiswa Fakultas Farmasi yaitu Nurvidian Khasanah, Adien Anugrah Insani dan Kintan Nur R. Selain berprestasi, ketiga mahasiswa ini aktif dalam organisasi internal kampus yaitu Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Nurvidian sebagai Ketua Umum IMM Farmasi, Adien dan Kintan di Bidang Kader. Hal ini membuktikan bahwa mahasiswa organisatoris juga dapat meraih berprestasi.

Pemaparan Karya Tulis Ilmiah pada 15 September 2020 oleh Tim Farmasi UMP kepada dewan juri secara virtual di Ruang Sidang Farmasi. Nurvidian mengatakan persiapan dan pengalamannya yang baru dalam mengikuti LKTI .

“lomba ini merupakan pengalaman pertama kami dalam mengikuti LKTI secara virtual, dan kami harus melakukan persiapan yang baru seperti mempersiapkan media Zoom untuk presentasi dan melakukan uji coba zoom, hal itu berbeda dalam perlombaan offline yang mana kami hanya melakukam persiapan presentasi”.

LKTI yang mereka tulis yaitu mengenai obat baru untuk ulkus diabetikum, ulkus diabetikum ini merupakan luka yang sering terjadi pada penderita diabetes melitus. Tim Farmasi UMP membuat obat dari isolat ceker ayam yang bernama glukosamin, glukosamin tersebut terdapat pada tulang rawan ceker. Bentuk obatnya berupa plester yang bentuknya lebih besar dari plester luaka pada umumnya, di dalamnya terdapat obat ulkus diabetikum.

“Pengalaman baru dalam mengikuti LKTI secara virtual merupakan pengalaman baru yang menyenangkan, banyak persiapan dari biasanya dan kami harus belajar mengenai hal tersebut.” Pungkas Nurvidian.

Nurvidian yang tergabung dalam Tim Farmasi UMP yang berhasil meraih Juara 2 LKTI ini merasa bahwa keberhasilan tersebut merupakan hadiah yang indah dan harus banyak bersyukur. Dia juga berpesan kepada mahasiswa agar dapat mengambil kesempatan yang ada dan jangan menyia-nyiakannya.(tgr)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

More articles

- Advertisement -