Masta Kolosal IMM UMSU: Mahasiswa Cermin Bangsa

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Masa Ta’arif Kolosal Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah yang diikuti 3.917 mahasiswa baru Unoversitas  Muhammadiyah Sumatera Utara dilakukan dengan virtual. Masta Kolosal yang kendali kegiatan berada di aula Kampus Utama UMSU Jln. Muhtar Basri itu dihadiri Rektor UMUS Agussani MAP, tiga wakil rektor, Dekanat dari 9 Fakultas dan Pimpinan Komisariat IMM se- UMSU.

Ketua DPP IMM Najih Prasetyo yang memberikan ceramah dengan tajuk Mahasiswa Cerminan Bangsa. Kata Najikh, mahasiswa adalah agen penggerak perubahan sosial. Kondisi masyarakat yang dinamis membutuhkan sentuhan tangan kreatif dari putra dan putri Indonesia dalam membawa inovasi untuk meningkatkan derajat kesejahteran masyarakat.

Dalam situasi seperti ini, sebut Najih mahasiswa menjadi tumpuan harapan pembangunan bangsaa. Dengan bekal pendidikan dan kecakapannya, mahasiswa diharapkan mampu menjawab berbagai tantangan pembangunan yang kompleks. Najih berharap mahasiswa UMSU mampu menjadi pelopor pembangan bangsa dan negara. Najih memberi apresiasi atas pelaksanaan masa taaruf IMM se- Kampus UMSU.

Masa Ta’aruf Kolosal yang dibuka Ketua PC IMM Kota Medan (demisioner) Angga Fahmi berharap agar Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dapat menjadi pendebeda dengan mahasiswa lain. IMM harus memiki jatidiri sebagai kader persyarikatan dan kader bangsa. Angga mengajak mahasiswa baru UMSU untuk bergabung dengan IMM sebagai wadah untuk mengasah kemampuan intlektual sesuai motta IMM, anggun dalam moral dan unggul dalam intlektual.

Sementara itu Rektor UMSU Agussani berharap masa taaruf sebagai awal dari proses pengkaderan IMM dilingkungan UMSU diharapkan dapat menjadi media pengenalan bagi gerakan Muhammadiyah. Karena itu Masta adalah satu kegiatan wajib yang harus diikuti seluruh mahasiswa baru. Kata Rektor, selesai Masa Taaruf, nanti akan dilanjutkan dengan kegiatan KIAM atau Kajian Intensif AL-Islam dan Kemuhammadiyahan.

Kata Agussani, kader IMM diharapkan dapat menjadi kader dan pemimpin umat, bangsa dan persyarikatan.

Baca Juga:   Haedar Nashir: Indonesia dan Umat Islam Perlu Sentuhan Seni

Kegiatan Masa Ta’aruf tahun ini menjadi beda disebabkan pandemi covid19 yang masih menjadi ancaman serius. Tidak seperti biasanya, Masta tidak hadiri tamu-tamu spesial. Dari ruang kendali Masta hanya tampak Dekanat UMSU, Pimpinan IMM dari 9 Fakultas dan Pimpinan PC IMM Kota Medan.

Kepada 3.917 mahasiswa baru, Ketua PC IMM Kota Medan, Angga Fahmi mengenalkan seluruh pimpinan komisariat IMM se- UMSU. Kepada mahasiswa baru juga dikenalkan berbagai potensi yang dilakukan IMM di masing-masing Komisariat.

Setelah berlangsungnya pembukaan masa ta’aruf kolosal dilanjutkan dengan kegiatan masa ta’aruf di masing-masing fakultas. Pada acara ini, kegiatan berlangsung atas kerjasama FK IMM dengan Pimpinan Fakultas.

Kegiatan Masa Ta’aruf IMM se-Kampus UMSU berlangsung selama dua hari itu ditandai dengan dilakukannya pemasangan selempang peserta secara simbolis kepada dua mahasiswa yang hadir pada acara pembukaan.  (Syaifulh/Riz)