Rektor UMSU Dapat Penghargaan Dharma Karya Kencana dari BKKBN

MEDAN,  Suara Muhammadiyah – Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Dr Agussani, MAP meraih   penghargaan Dharma Karya Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat atas kepeduliannya terhadap program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) atau yang dikenal sekarang dengan  Bangga Kencana.

Penghargaan kepada Rektor UMSU diserahkan Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumatera Utara, Drs Temazaro Zega, M.Kes disela acara Apresiasi Duta Genre  Sumut Tahun 2020 di Medan, Sabtu (17/10).

Sesuai  Surat Keputusan ditandatangani Kepala BKKBN Hastor Wardoyo, penghargaan Dharma Karya Kencana diberikan karena sebagai  Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP  telah memberikan dukungan, tenaga, sarana dan prasarana dalam keberhasilan program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana untuk terwujudnya keluarga berkualitas dan penduduk tumbuh seimbang.

“Saya sangat terhormat menerima penghargaan  Dharma Karya Kencana  dan ini menjadi motivasi untuk lebih peduli dengan kegiatan mahasiswa yang mendukung  program Bangga Kencana,” kata Dr Agussani, MAP.

Menurutnya, persoalan keluarga berencana baginya bukanlah hal yang baru karena sejak lama telah aktif dalam program Keluarga Sejahtera Muhammadiyah. Sebagai bentuk komitmen dan peduli dengan program BKKBn maka, sejak menjabat sebagai pimpinan UMSU , tepatnya pada Tahun 2012 dibentuklah Unit Kegiatan Mahasiswa PIK M Syahadah sebagai wadah mahasiswa yang peduli tentang kesejahteraan keluarga.

Dan sampai saat ini PIK M Syahadah UMSU sudah mendapatkan berbagai prestasi hingga tingkat Nasional dan pihak rektorat selalu memberikan dukungan baik untuk berjalannya program KKBPK di lingkungan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara,” katanya.

Salah satu bentuk dukungan yang di berikan oleh Rektor UMSU yaitu dengan memberikan fasilitas seperti kantor, peralatan pendukung serta memberikan pendanaan kepada PIK M SYAHADAH UMSU dalam menjalankan program KKBPK Dan sudah banyak duta-duta yang terlahir dari UMSU sendiri, salah satunya Adrian Fahri Duta Genre Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 dan Runner Up I Duta Genre Tingkat Nasional Tahun 2019

Baca Juga:   Lolos Uji, Radiologi RS UMM Raih Sertifikat Hijau

“Sebagai bentuk komitmen pimpinan UMSU, maka selain memberikan dukungan fasilitas, dukungan berupa anggaran juga nantinya akan ditingkatkan,” katanya.

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumatera Utara, Drs Temazaro Zega, M.Kes mengatakan, Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP  adalah figur pimpinan yang mendorong dan  peduli dengan kegiatan mahasiswa terkait persoalan kependudukan dan keluarga berencana.

“Saat ini cukup banyak mahasiswa UMSU yang ikut terlibat dalam program BKKBn guna mendukung keberhasilan Bangga Kencana yaitu Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana untuk terwujudnya keluarga berkualitas dan penduduk tumbuh seimbang,” katanya. (Syaifulh/ Riz)