23.2 C
Yogyakarta
Selasa, Desember 1, 2020

UMS Top 10 Kampus Terbaik di Indonesia Versi QS World

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Log-Mart Buka Gerai Kedua

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Log-Mart kembali melebarkan sayap bisnisnya dengan membuka gerai kedua yaitu Log-Mart Ngampilan, Senin (30/11). Log-Mart merupakan singkatan dari...

Pembangunan Kesehatan Perempuan, ‘Aisyiyah Kembangkan Sistem Informasi Desa

MAGELANG, Suara Muhammadiyah - Sistem Informasi Desa (SID) merupakan salah satu mandat dalam UU Desa No 6 Tahun 2014 tentang Desa untuk...

Harapan Para Tokoh dalam Resepsi Virtual Milad Mu’allimaat ke-102

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta mengadakan resepsi milad ke-102 dan Milad Muhammadiyah ke-108 pada Senin (30/11).

Gotong Royong 1,2 Milyar untuk Rumah Qur’an Muhammadiyah Kebakkramat

KARANGANYAR, Suara Muhammadiyah – Gotong royong masyarakat 1,2 Milyar untuk Rumah Quran Muhammadiyah Kebakkramat, Karanganyar, Jawa Tengah. Seluas 350 meter persegi Tanah...

Inovasi UAD Kembangkan Ngoro-Oro Menuju Desa Wisata Sehat

GUNUNGKIDUL, Suara Muhammadiyah - Keberadaan desa wisata dengan keindahan alam dan udara segarnya saat ini menjadi daya tarik para wisatawan baik wisatawan...
- Advertisement -

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah -QS World University Rangkings kembali mengumumkan daftar perguruan tinggi (universitas) terbaik di dunia tahun 2021.

Menurut lembaga pemringkat bergengsi QS World University Rangkings menyebutkan Universitas Muhamamadiyah Surakarta (UMS) masuk ke dalam 10 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Bersama dengan kampus-kampus terkemuka lainnya di tanah air.

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil bersaing di antara perguruan tinggi negeri tersohor di Indonesia. Berikut 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi QS World University Rangkins :

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  2. Universitas Indonesia (UI)
  3. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  4. Universitas Airlangga (UNAIR)
  5. Institut Pertanian Bogor (IPB)
  6. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
  7. Universitas Bina Nusantara (UBINUS)
  8. Universitas Padjadjaran (UNPAD)
  9. Universitas Diponegoro (UNDIP)
  10. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Rektor UMS, Prof Dr Sofyan Anif mertasa bangga dan sekaligus meningkatkan rasa bersyukur karena sejauh ini UMS masih mendapat kepercayaan dari masyarakat dan menunjukkan kualitas yang tidak kalah dengan kampus-kampus besar di tanah air.

“Ini bukti bahwa pengelolaan kampus ini pada jalur yang benar dengan terus menjaga kualitas sehingga kepercayaan masyarakat masih tinggi. Di usia UMS yang memasuki 62 tahun, UMS makin mendapatkan trust dan recognize di hati masyarakat. Sehingga kami optimis bahwa UMS akan menjadi world class university di masa mendatang” ujar Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si.

Secara institusi, kualitas akademik UMS sudah terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kemudian dari 60 program studi yang dimiliki UMS, sudah 60 persen lebih prodi terakreditasi A.

Menilik QS World University Rangkins dikelola oleh Quacquarelli Symons, diluncurkan sejak tahun 2004. QS World University Rangkins yakni lembaga layanan analisa internasional di sektor pendidikan. Ini adalah lembaga pemeringkatan paling populer di dunia yang membandingkan kualitas masing-masing perguruan tinggi.

Dari pemeringkatan QS World University Rangkings kali ini menempatkan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta menjadi universitas terbaik di Indonesia dalam QS World University Rankings 2021.

Jumlah universitas terbaik di Indonesia yang masuk dalam peringkat global malah berkurang. Bahkan, jumlah universitas terbaik di Indonesia dalam QS World University Rankings kalah banyak dibandingkan negara tetangga, Malaysia. UMS menjadi kampus yang masih masuk dalam pemeringkatan kali ini.

Sejumlah universitas terbaik di Indonesia berhasil masuk jajaran rangking dunia. Hanya saja jumlah universitas terbaik Indonesia di QS World University Rankings 2021 berkurang dibandingkan dengan QS World University Rankings 2020. (Risqi)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

More articles

- Advertisement -