Ditakdirkan Pimpin Muhammadiyah Hingga Meninggal

Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun, telah meninggal dunia  H. Abdul Rodhi SSos, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Berita  meninggalnya Ketua PDM Klaten ini berseliweran lewat WAG dini hari menjelang Shubuh. Ia meninggal Ahad, 1 November 2020, pukul 02.00 di Rumah Sakit UNS Solo,

Harapan saya berita kesembuhan H Abdul Rodhi yang datang. Saya mendengar ia dirawat di rumah sakit karena Covid-19 saat meninggalnya ustadz Dzikro yang juga menantu H Abdul Rodhi.  Ia dirawat bersama putri kesayangannya yang juga isteri ustadz Dzikro. Ternyata kabar duka itu yang datang, ia ditakdirkan memimpin Muhammadiyah Klaten hingga meninggalnya. Moga husnul khatimah dan tergolong mati syahid.

Sebelum memimpin Muhammadiyah Klaten, ia pernah berkeinginan memimpin DPD PAN Klaten.  Bahkan saya sempat menjadi bagian tim suksesnya , setelah sebelumnya bersama-sama menjadi tim sukses Abdul Rozak Rais menjadi Ketua DPW PAN Jawa Tengah. Namun dalam pertarungan politik tersebut ia kalah dan harus terus berkhidmat di Muhammadiyah. Ia memimpin pendayagunan zakat infaq dan shadaqah melalui Bapelruzam Klaten yang selanjutnya menjadi Lazizmu Klaten. Kemudian pada Musda Muhammadiyah Klaten di Jatinom (27/3/2016) , ia terpilih menjadi Ketua PDM Klaten.

Setelah terpilih dalam Musda itu, ia meminta dukungan seluruh kader Muhammadiyah di Klaten Ke depan dalam rangka melaksanakan hasil Muktamar ke-47 dapat dilaksanakan berbagai kebijakan yang dirumuskan dalam musyda periode kali ini.  Ia yang berlatar belakang pengusaha sukses, nampaknya ingin memajukan perekoomian sebagai mana amanat Muktamar Muhammadiyah ke47 di Makassar. Dalam hal ini, ia tandem dengan Ketua Majelis Ekonomi PDM Klaten Drs Wahyudi Nasution yang juga pengusaha konveksi.

Dalam membangun ekonomi Muhammadiyah Klaten ini, selain memanfaatkan potensi lokal juga bekerja sama dengan potensi Muhammadiyah di luar Klaten. Tahun 2017 bekerja sama dengan Suara Muhammadiyah membuka SM Corner di jalan Pemuda Selatan Klaten/ SM Corner diresmikan oleh Ketua Pimpinan Pusat Aisyiyah Dra Hj Siti Noordjannah Djohantini MM MSi.

Baca Juga:   Muallimin Bedah Buku Kuliah Kemuhammadiyahan

Pada tahun 2018, Muhammadiyah Klaten mengundang PT Lembaga Ekonomi Umat (LEU) Mart yang dipimpin Bambang Wijanarko yang juga Ketua Jaringan Saudagar Muhammadiyah. Bersama LEU Mart ini berencana membangun TokoMu, “Satu Ranting Satu Tokomu”. Saat ini sejumlah TokoMu telah muncul di sejumlah Cabang dan Ranting Muhammadiyah di Klaten, meski mereka mencukupkan diri dengan potensi lokal dan ada yang belum menggunakan platform kerjasama. Ini sebetulnya kesempatan baik bagi Suara Muhammadiyah melalui BulogMu yang sedang mengembangkan Log Mart untuk bisa kerja sama.

Kini Abdul Rodhi telah pergi. Sebagaimana dalam pidato saat ia terpilih di Musda. Ia mengungkapkan meskipun secara pengetahuan dan latar belakang agama jauh lebih kurang namun di belakang saya kesebelas pimpinan yang terpilih ini dapat saling mem back up. Insya Allah mereka akan meneruskan kepemimpinan PDM Klaten.

Seperti namamu, moga kepergianmu mendapat ridho Allah SwT dan disambut dengan sapaan: “Ya ayyuhan nafsul muthmainnah, irji’i ila rabbiki radhiyatam mardhiyyah. wahai jiwa yang tenang, kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati puas lagi diridhai-Nya. (Lutfi)