Gerakan Keluarga dan Komunitas Lenting ‘Aisyiyah Lanjut Sampai 2022

Gerakan Keluarga dan Komunitas Lenting 'Aisyiyah Dilanjutkan

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Seluruh tim manajemen program Keluarga dan Komunitas Lenting ‘Aisyiyah mendiskusikan rencana tindak lanjut pasca program. Masing-masing wilayah penerima program menyampaikan ide inovasi tentang bagaimana mereka nantinya akan membangun “Gerakan Keluarga dan Komunitas Lenting ‘Aisyiyah” di wilayahnya masing-masing dalam 2 tahun periode kepengurusan ‘Aisyiyah hingga 2022.

Acara sharing ini dipandu oleh Hening Parlan selaku Advisor Program. Ia menjelaskan bahwa latar belakang yang mendorong mengapa gerakan ini perlu dilanjutkan adalah karena ini menghasilkan capain yang luar biasa. “Lebih dari 1500 kepala keluarga baik dari lingkungan pengurus ‘Aisyiyah, komunitas, guru TK ABA, panti asuhan, masyarakat umum dan bahkan komunitas non Muhammadiyah/Aisyiyah dan saudara-saudara kita dari agama lain mendapatkan manfaat dengan adanya program ini,” terangnya, Ahad, 8 November 2020.

Ia menambahkan, menurut laporan kegiatan, pelaksanaan program ini telah memberi penguatan kelembagaan ‘Aisyiyah, “Selama program ini dilaksanakan, terdapat 50 cabang Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah aktif terlibat, dan terdapat 3 Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah terbentuk.”

Secara Sumber Daya Manusia, Hening menjelaskan bahwa program ini telah melibatkan kurang lebih 200 orang personil aktif dari 16 Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah yang tergabung sebagai tim manajemen program. Ia mengusulkan, ke depan para personil aktif ini perlu dilibatkan dalam kegiatan LLHPB ‘Aisyiyah berikutnya, baik itu pelatihan, maupun kajian-kajian berkaitan dengan peningkatan kapasitas pengetahuan dan ketrampilan Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana.

Pertemuan diskusi ini menghasilkan beragam ide inovasi program membangun “Gerakan Keluarga dan Komunitas Lenting ‘Aisyiyah” dari berbagai wilayah. Di antaranya, yaitu membentuk Green School dan Sekolah Siaga Bencana di amal usaha ‘Aisyiyah TK dan sekolah, serta mengadakan webinar dan pelatihan Perempuan Tangguh Bencana bersama BPBD ataupun BNPB.

Baca Juga:   Nasyiatul Aisyiyah Kebumen Peduli Remaja Indonesia

Dalam rencana pelaksanaannya, masing-masing wilayah juga memastikan bahwa gerakan ini akan dikolaborasikan dengan berbagai pihak terkait maupun program yang sudah ada. Gerakan ini akan dikolaborasikan dengan program ‘Aisyiyah seperti program Keluarga Sakinah dan Komunitas Qoryah Thayyibah, serta bekerjasama dengan Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah, Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah, IGABA, MDMC, MCCC, LAZISMU, maupun Pemerintah setempat. (Adiba/LLHPB)

Video Sharing Membangun Gerakan Keluarga dan Komunitas Lenting, Ahad malam, 8 Nov 2020 Pukul 19.00 – 21.00 WIB dapat disimak kembali di Youtube Channel LLHPB ‘Aisyiyah Indonesia: