Terobosan Baru SMK FAMUBA Kembangkan Café Herbal

Terobosan Baru SMK FAMUBA Kembangkan Café Herbal
Terobosan Baru SMK FAMUBA Kembangkan Café Herbal

TEGAL, Suara Muhammadiyah – Inovasi tiada henti SMK Muhammadiyah Lebaksiu Kabupaten Tegal yang beralamat di Jalan Raya Barat Nomer 23 Lebaksiu Kabupaten Tegal , Tidak diragukan lagi kualitas dan kuantitas yang di miliki SMK Muhammadiyah Lebaksiu atau lebih dikenal dengan sebutan SMK FAMUBA.

Prestasi yang pernah di raih sekolah ini di bidang literasi SMK Famuba pernah mejuarai tingkat Nasional pada tahun 2019 yaitu Juara 1 Lomba Majalah Sekolah jenjang SMK Muhammadiyah se Indonesia. Selain itu pada tahun 2020 SMK Famuba raih juara 3 Tingkat nasional pembuatan esai tentang inovasi pembuat masker dari bahan alam yang di selenggarakan oleh Universitas Indonesia.

SMK Famuba memliki Empat kompetensi keahlain yang unggulan yaitu Farmasi klinis dan Komunitas, Teknologi Laboratorium Medik, Akutansi dan Keuangan Lembaga serta otomatiasasi dan tata kelola perkantoran. Saat diwawancarai Andi Riswandi selaku kepala SMK Muhammadiyah Lebaksiu (FAMUBA)

SMK Famuba merupakan sekolah pencetak wirausaha, berharap para lulusan bisa bergerak di sector wirausaha diberbagai bidang , Sebagai bentuk pengembangan sekolah telah membentuk tim khusus untuk mengembangkan berbagai macam unit usaha milik sekolah sehingga bisa dijadikan lahan praktik para siswa SMK Famuba.

Konsep sekolah pencetak wirausaha di SMK Famuba adalah sekolah meyediatan fasilitas dan sarana berupa Apotek, Caffe Herbal, dan bank mini serta percetakan. Kewirausahaan dinilai mampu menjawab tantangan zaman di era revolusi industri karena mengasah keberdayaan, kemandirian, dan juga kreativitas. Tantangan yang dihadapi oleh sumber daya manusia di Indonesia berkembang menjadi semakin kompleks dengan kecepatan perubahan yang semakin pesat.

Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah diharapkan bisa menciptakan lapangan usaha dan ini artinya harus mencetak wirausaha. Pencetak wirausaha harus diikuti dengan usaha menumbuh kembangkan jiwa dan semangat kewirausahaan pada peserta didik. (Hendra Apriyadi)

Baca Juga:   Ketua MPR Tandatangai Program Rumah Sakit dan Komunitas Siaga Bencana