Beragam Khasiat Kurma Dan Kurma Ajwa

Kurma Nabawi Ajwa
Kurma Nabawi Ajwa
  1. Untuk elastisitas kulit

Kaya akan vitamin C di dalamnya, tak heran membuat kurma mampu menghidrasi kulit secara optimal. Kurma juga berpotensi untuk menyeimbangkan kadar kelembapan sekaligus elastisitas pada kulit.

  1. Menjaga kulit awet muda

Radikal bebas yang sering menerpa kulit manusia merupakan faktor utama terjadinya penuaan pada kulit. Dengan kandungan mineral dan vitamin dalam buah kurma, akan menangkis dan memproteksi kulit dari radikal bebas pada kulit.

  1. Mampu mengatasi segala macam permasalahan kulit

Kurma juga kaya akan kandungan vitamin B didalamnya. Sebuah studi juga telah membuktikan bahwa vitamin B mampu mengatasi beragam permasalahan kulit seperti bekas jerawat hingga selulit.

  1. Mengatasi rambut rontok

Lagi-lagi kandungan vitamin B pada kurma mampu mengatasi permasalahn rambut yang umum dialami setiap wanita. Ya, dengan rajin mengonsumsi kurma dan menggunakan sari kurma sebagai masker rambut secara rutin, maka rambut rontok pun perlahan akan berkurang.

  1. Mencegah pendarahan rahim

Bagi wanita, buah kurma muda ini mempunyai nutrisi yang amat penting bagi kesehatannya. Pada kandungan buah kurma muda memiliki zat hormon bitosin yang berfungsi untuk membantu mencegah kondisi serius pendarahan rahim.

  1. Melancarkan kelahiran bagi ibu hamil

Kandungan di dalam kurma muda merangsang produksi hormon bitosin di dalam tubuh. Hormon ini memiliki peran yang sangat penting dalam mencegah terjadinya pendarahan, hal ini harus diperhatikan baik-baik oleh ibu hamil.

Kandungan lainnya di dalam kurma muda adalah hormon oksitosin yang berfungsi untuk membantu proses kontraksi otot polos dinding rahim, hal itu sangat penting saat berhubungan intim.  Hormon tersebut juga bekerja untuk membantu ibu agar dapat lebih lancar dalam proses pengeluaran ASI.

  1. Meningkatkan kesuburan wanita

Zat hormon botosin yang ada di dalam tubuh berfungsi untuk merangsang gerak peristaltik di dalam pembuluh darah dan rahim wanita, yang membantu untuk meningkatkan kesuburannya wanita. Kandungan yang terdapat di dalam kurma muda memiliki manfaat untuk membantu istri saat berhubungan intim dengan suaminya. Kandungan tersebut bekerja untuk merangsang otot polos di dalam uterus (rahim) agar lancar dalam berkontraksi.

Baca Juga:   Kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Semut yang Sayang Kepada Rakyatnya
Kurma Nabawi Ajwa
Kurma Nabawi Ajwa
  1. Ketuban tidak mudah pecah

Ketuban adalah selaput berisi cairan yang menyelimuti seluruh tubuh bayi di dalam kandungan. Ketika bayi akan lahir, selaput ketuban akan pecah. Namun, ada juga kemungkinan yang mana ketuban sudah pecah terlebih dahulu sebelum bayi terlahir. Ketuban yang pecah sebelum waktunya atau ketuban pecah dini dapat mengundang sejumlah komplikasi, antara lain infeksi dan peradangan selaput amnion.

Dalam sebuah penelitian disebutkan, bahwa kelompok ibu hamil yang rutin mengonsumsi buah kurma pada minggu-minggu terakhir sebelum persalinan, lebih jarang terjadi ketuban pecah dini jika dibandingkan dengan kelompok ibu hamil yang tidak mengonsumsi kurma

  1. Mencegah dan mengobati Anemia

Buah kurma mampu mengatasi anemia terkait zat besi dan vitamin B kompleks yang ada di dalamnya. Kedua mikro nutrient ini merupakan unsur penting yang diperlukan tubuh untuk pembentukan sel darah merah, sehingga mencegah anemia.

  1. Mencegah penyakit jantung koroner dan Stroke

Kalium di dalamnya sangat dibutuhkan oleh sel dan cairan tubuh untuk mengontrol tekanan darah dan denyut jantung. Kalium sangat berperan bagi tubuh untuk mencegah penyakit stroke dan jantung koroner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kurma secara teratur oleh penduduk arab badui, memiliki angka risiko penyakit jantung dan kanker yang sangat rendah.

  1. Menguatkan tulang

Seiring pergerakan waktu, kekuatan dan kepadatan tulang akan menurun. Di dalam buah kurma terdapat zat besi dan mineral penting, seperti magnesium, selenium, tembaga dan mangan. Semua nutrisi tersebut baik untuk pertumbuhan tulang, serta mencegah osteoporosis.

  1. Memulihkan energi tubuh dengan cepat

Setelah melakukan aktivitas yang padat, biasanya tubuh merasa letih dan lelah. Gula alami (sukrosa, glukosa dan fruktosa) yang terdapat di dalam buah kurma efektif untuk memulihkan energi yang hilang atau terkuras. 11. Meningkatkan kinerja Otak Kalium di dalamnya bermanfaat untuk meningkatkan kecepatan berfikir dan daya ingat otak.