Respon Gempa Sulbar, FKIP Unismuh Kembali Gaungkan Gerakan Ta’awun

Peduli Gempa Sulbar
Dekan FKIP Unismuh Makassar Erwin Akib, PhD

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Gempa yang menimpa Kabupaten Majene dan Mamuju di Sulawesi Barat mendapat respon sigap dari Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unismuh Makassar Erwin Akib, PhD.

Langkah pertama yang diambil segera membuka Posko Peduli Gempa Sulbar yang menggalang donasi untuk korban. “Posko sudah kami buka sejak Jumat pagi, 15 Januari. Alhamdulillah, antusiasme teman-teman dosen dan tenaga kependidikan di Unismuh cukup tinggi,” ungkap Erwin, Ahad (17/1/2021).

FKIP Unismuh menargetkan akan mengantar bantuan para donator pada Selasa (19/1/2021). “Selain menggalang bantuan, sementara kami juga sedang mengidentifikasi sasaran penyaluran bantuan. Di Sulbar, kami tentu akan bersinergi dengan relawan Muhammadiyah Disaster and Management Center (MDMC-red) yang sudah bergerak di sana,” kata Alumni Program Doktor Universitas Teknologi Malaysia ini.

Selain itu, Erwin juga sudah meminta para Ketua Prodi maupun Dosen di lingkungan FKIP Unismuh untuk mengidentifikasi mahasiswa yang berasal dari Sulbar, khususnya yang menjadi penyintas gempa Sulbar, baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Kami ingin memastikan, jangan sampai proses akademik mereka terhambat. Apalagi saat ini jadwal menjelang Ujian Akhir Semester, jangan sampai mereka tidak bisa mengakses proses akademik, karena bencana. Saya minta para dosen mengambil kebijakan khusus, yang memungkinkan mereka tidak kehilangan hak akademik, seperti mendapatkan nilai, karena tidak ikut UAS atau tidak kumpul tugas,” tegas Nakhoda FKIP Unismuh ini.

Kegiatan peduli kemanusiaan FKIP, lanjut Erwin, merupakan bagian dari Gerakan Ta’awun yang sudah dicanangkan FKIP sejak dua tahun lalu. Menurutnya, gerakan kemanusiaan merupakan bagian tak terpisahkan dari tanggungjawab perguruan tinggi.

“Beberapa tahun terakhir, memang kami sudah membuka Rekening FKIP Peduli. Setiap ada bencana, ataupun ada urusan kemanusiaan mendesak, Alhamdulillah teman-teman di FKIP selalu responsif,” tambahnya.

Baca Juga:   ANRI Ajak 'Aisyiyah Selamatkan Memori Kolektif Bangsa

Bagi para donator yang ingin menyalurkan bantuannya bagi penyintas Gempa Sulbar dapat menyalurkan bantuannya melalui rekening FKIP Peduli 7773336009 (BNI Syariah). (Hadi S/Riz