Tim OIF UMSU Mengamati Hilal Fajar dan Syafaq di Barus

Tim OIF UMSU Mengamati Hilal Fajar dan Syafaq di Barus
Tim OIF UMSU Mengamati Hilal Fajar dan Syafaq di Barus

BARUS, Suara Muhammadiyah – Tim OIF UMSU (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara) melakukan pengamatan hilal di pantai Barus (Tapanuli Tengah ) Sumatera Utara. Kegiatan ini merupakan agenda rutin tim Observatorium Ilmu Falak (OIF) UMSU setiap bulannya.

Kenapa di Barus? Kepala OIF UMSU Dr Arwin Juli Rakhmadi Butar-butar kepada jurnalis “SM” menjelaskan bahwa untuk melakukan pengamatan benda-benda langit, Barus menjadi salah satu lokasi yang strategis disebabkan berbagai hal, mulai cuaca yang bagus dan bebas polusi.

Untuk itulah kenapa kemudian UMSU dan OIF akan dibangun pusat peradaban di Barus dengan adanya Cabang OIF UMSU.

Sekitar kegiatan pengamatan benda-benda langit di Barus, kali ini OIF UMSU mengirimkan tim yang terdiri Dr. Arwin Juli Rakhmadi Butar-butar (Kepala), M Hidayat (wakil), dan Abu Yazid (tim peneliti). Selain itu tim OIF juga dibantu dan didampingi relawan OIF yang ada di Barus yaitu Rasyid Marbun.

Target yg hendak dicapai tim OIF dlm observasi kali ini adalah: hilal Jumadil Akhir (hari pertama dan kedua), Syafaq Isya, dan Fajar Shadiq (subuh). Selain itu juga dilakukan pengamatan benda-benda langit lainnya.

Untuk pelaksanaan penelitian di Barus, tim OIF memboyong peralatan alat-alat astronomi seperti, teleskop Zenit star plus Mounting Ioptron, teleskop maksutop lus Mounting HEQ 8, SQM, Kamera, dll.

Khazanah Baru Perpustakaan OIF UMSU

OIF UMSU saat ini menjadi salah satu pusat khazanah Ilmu dan Peradaban di Sumatera, khususnya Sumatera Utara. Bagi Muhammadiyah dan UMSU, maka OIF menjadi salah satu kebanggaan. OIF UMSU kini menjadi lokasi studibanding dan belaja banyak komunikasi bila menyangkut dengan ilmu falak (astronomi).

Sebagai pusat ilmu dan peradaban itu, perpustakaan OIF UMSU kembali menambah koleksi yaitu buku-buku Ilmu Falak karya ulama Nusantara, antara lain: “Bulugh al-Wathr” : Syekh Ahmad Dahlan Semarang, “Tadzkirah al-Ikhwan” : Syekh Ahmad Dahlan Semarang, “Fath ar-Ra’uf al-Mannan” : Syekh Abdul Jalil Kudus, “Badi’ah al-Mitsal” : Syekh Ma’shum Jombang, “Tashrih al-‘Ibarat” : Syekh Ihsan Jampes, “Mizan al-I’tidal” dan “Sullam an-Nayyirain” : Syekh Manshur Betawi, “Taqrib al-Maqshid” : Syekh Mukhtar ‘Athorid Bogor, dll. Buku-buku ini dihadirkan dari Kediri atas jasa baik Kiyai Aly Mustofa Rbk, maturnuwun kiyai.

Baca Juga:   Kalender Hijriyah Global: Agenda Mulia Islam Berkemajuan

Perpustakaan OIF beralamat di Jl. Denai No 217 Medan, tepatnya di gedung Pascasarjana UMSU, lantai 7 (kantor OIF UMSU), terbuka untuk umum, hanya saat ini masih tutup karena pandemi.

Perpustakaan OIF hanya dan khusus mengoleksi buku-buku falak (astronomi) dengan corak-khas keislaman dan peradaban, baik klasik maupun kontemporer, diantaranya karya-karya dan atau naskah-naskah falak Nusantara. (Syaifulh/ Riz)