Buka Prodi Akuakultur, UMP Siapkan SDM Maritim

Buka Prodi Akuakultur, UMP Siapkan SDM Maritim
Buka Prodi Akuakultur, UMP Siapkan SDM Maritim

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Banyumas, Jawa Tengah terus mengembangkan perannya di masyarakat. Upaya ini antara lain dilakukan dengan membuka Program Studi Akuakultur Program Sarjana.

“Program studi Akuakultur sangat dibutuhkan di Indonesia dapat dilihat dari bentuk geografis Indonesia dengan 70% wilayahnya adalah laut,” jelas Rektor UMP Dr Jebul Suroso, Senin (18/1/2021) di Purwokerto.

Menurutnya, Program studi Akuakultur memiliki prospek yang sangat cerah kedepannya, kebutuhan akan seorang ahli perairan untuk melihat dan merubah kondisi perikanan di Indonesia. Termasuk dengan prodi Akuakultur mendukung Indonesia yang telah menegaskan dirinya sebagai negara Poros Maritim Dunia.

“Lulusan dari jurusan ini juga dapat menjadi peneliti tentang laut dan air di Indonesia atau bekerja di departemen pemerintahan yang terkait dengan perikanan dan perairan. Juga menjadi seorang pembudidaya ikan yang memiliki nilai jual bagus,” jelasnya.

Semantara itu Kepala Biro Publikasi dan Admisi UMP Dr. Yudha Febrianta, M.Or., AIFO mengatakan, saat ini, UMP memiliki lebih dari 45 program studi dan 11 fakultas, dan sudah banyak yang terakreditasi A.

Selain itu, UMP juga memiliki lima program profesi dan penyelenggara Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Dijelaskan, untuk saat ini UMP telah membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2021. Pendaftaran terbagi menjadi tiga gelombang.

Gelombang pertama pada bulan November 2020 sampai Maret 2021. Gelombang kedua pada April sampai Juni 2021. Sementara gelombang ketiga pada Juli hingga Agustus 2021.

“Untuk alur pendaftaran untuk semua jalur serta informasi biaya pendaftaran dan biaya pendidikan cukup klik saja di pmb.ump.ac.id dan online.pmb.ump.ac.id untuk membuat akun pendaftaran, informasi akun pendaftaran dikirim melalui Email, login ke sistem, dan mengisi data diri, data orang tua, data sekolah dan memilih jalur pendaftaran,” paparnya.

Baca Juga:   Pusat Studi Dakwah Komunitas UMP Fasilitasi Nikah Massal

Pilih jalur seleksi, pilih prodi dan melangkap persyaratan. Persyaratan masing-masing jalur ada dil aman pmb.ump.ac.id. “Setelah mendapatkan kode bayar berupa Nomor pendaftaran langsung membayar biaya pendaftaran melalui ATM, E Banking, atau teller Bank BRI Syariah Mandiri dan BPD Jateng Syariah,” jelasnya.

Dijelaskan, proses seleksi untuk jalur regular CBT bisa memilih Test di PMB atau mandiri dengan laptop, PC, atau HP.

“Setelah itu mendapatkan surat pengumuman yang dapat diunduh melalui akun masing-masing, dan Registrasi,” pungkasnya. (tgr)