Aksi Solidaritas AMM Katingan, Galang Dana hingga Jemput Donasi

Aksi Solidaritas AMM Katingan, Galang Dana hingga Jemput Donasi
Aksi Solidaritas AMM Katingan, Galang Dana hingga Jemput Donasi

KATINGAN, Suara Muhammadiyah – Peduli banjir, Angkatan Muda Muhammadiyah AMM Katingan melaksanakan aksi solidaritas penggalangan dana, Selasa (19/01/21). Kegiatan tersebut dipelopori oleh Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kabupaten Katingan.

Bencana yang menimpa Indonesia khususnya banjir bandang di Kalimantan Selatan membuat AMM Kabupaten Katingan yang terdiri dari MDMC, Nasyiatul Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Hizbul Wathan dan Tapak Suci untuk aksi solidaritas dengan turun ke jalan menggalang dana dari masyarakat.

Gerakan sosial AMM Katingan dilaksanakan di dua titik yang berbeda, Bundaran 1 Pasar dan Taman Hijau Kasongan. Disamping itu, MDMC Kabupaten Katingan membuka posko di Masjid Nurul Iman yang diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin menyalurkan langsung donasinya, baik berupa uang, makanan ataupun pakaian. Untuk mengoptimalkan kegiatan tersebut AMM Kabupaten Katingan juga siap menjemput donasi kerumah warga.

Selaku Ketua Umum MDMC Kabupaten Katingan, Nurhanjoyo Eko Saputro menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan agar masyarakat Kabupaten Katingan terketuk hatinya untuk membantu sesama. “Kita adakan ini dengan tujuan membantu sesama apalagi ini berbicara tentang saudara kita yang masih sepulau,” ungkapnya.

AMM Katingan memperoleh dana Rp. 10.000.000,-. “Untuk sementara pada tanggal 19 Januari sampai pukul 14:00 WIB. Dana yang terkumpul Rp. 10.000.000,” ujarnya.

Hasil dari penggalangan dana AMM Katingan akan diberikan kepada Lembaga Amil Zakat Infak dan Shodaqoh Muhammadiyah (LAZISMU) Kalimantan Tengah, kemudian akan disalurkan kepada korban banjir di Kalimantan Selatan.

Nurhanjoyo Eko Saputro menambahkan, aksi penggalangan dana ini baru berlangsung satu hari dan diikuti oleh seluruh Organisai Otonom (Ortom) Muhammadiyah yang ada di Kabupaten Katingan. “hari ini, hari pertama penggalangan dana , seluruh ortom yang ada di Muhammadiyah bergerak,” tambahnya.

Baca Juga:   IMM Peduli, Galang Dana Untuk Warga Terdampak Banjir Kalsel

Dengan penuh harap, Nurhanjoyo Eko Saputro berharap kegiatan ini mampu menumbuhkan dan mempererat jiwa kebersamaan. “Semoga kegiatan ini mampu menumbuhkan rasa kebersamaan baik sesama masyarakat Katingan atau pun sesama masyarakat Kalimantan, agar kita bisa merasakan sakit yang saudara kita rasakan dibagian selatan,” tutupnya. (Yulian Rahmah)