Fakultas Kedokteran UMP Hadirkan Dosen Tamu Internasional

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah – Fakultas Kedokteran dengan Kantor Urusan Internasional Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) bekerja sama dengan Management and Science University (MSU) Malaysia untuk melaksanakan acara International Guest Lecture pada hari Selasa (19/01/2021) melalui Zoom Cloud Meetings dengan tema “Is Drug Addiction a Disease or Choice?”

Acara tersebut dihadiri oleh kurang lebih 100 peserta melalui Zoom yang terdiri dari Mahasiswa Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Farmasi UMP, Mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Surakarta dan beberapa Mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Brawijaya. Acara ini juga disiarkan secara langsung di Management and Science University Malaysia. Serta menghadirkan narasumber yaitu Dr. Mohamad Halim bin Mohamad Sharif dari Management and Science University Malaysia yang dimoderatori oleh Dr. Muhammad Luthfi Almanlutfi selaku Dosen Fakultas Kedokteran UMP.

Acara International Guest Lecture ini di buka secara langsung oleh Dr. Jebul Suroso, S.Kep., Ns., M.Kep selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto dan sambutan oleh Dr. Muhammad Mansyur Romi, SU, PA (K) selaku Dekan Fakultas Kedokteran UMP.

Dalam sambutannya Dr. Jebul Suroso, S.Kep., Ns., M.Kep menyampaikan bahwa kegiatan ini perlu tetap dilaksanakan karna banyak sekali manfaatnya.

“Selain ilmu yang bermanfaat untuk kita semua, acara ini juga akan memperkuat hubungan UMP dengan internasional, saya harap acara internasional seperti ini segara diadakan lagi, mengingat hal ini dapat meningkatkan kerjasama kita dengan internasional,” tambahnya.

Dr. Mohamad Halim bin Mohamad Sharif selaku pembicara untuk acara ini menyampaikan bahwa mahasiswa harus bisa menjaga diri agar tidak addicted terhadap obat-obatan. Menurutnya, jika sudah addicted terhadap obat-obatan, maka akan sulit untuk dipulihkan kembali.

“Menjadi mahasiswa itu sulit, tetapi jangan pernah mencoba untuk addicted dengan obat-obatan, pasti ada cara lain untuk mengatasi hal tersebut,” ujarnya.

Baca Juga:   Seminar Internasional FH UMP Kaji Kejahatan dan Keadilan Lingkungan

Disamping petuah dan ilmu yang bermanfaat, acara ini diharapkan bisa berjalan secara rutin, karena menurut Dr. Muhammad Luthfi Almanlutfi exchange lecture ini tidaklah sulit dan rencananya akan dilaksanakan sebanyak empat kali di tahun 2021.

“Kita sudah merencanakan agenda ini sebanyak 4 kali di tahun ini, 2 acara dari UMP dan 2 acara dari MSU Malaysia. Tetapi dari pihak Iza selaku PIC (Person In Charge) dari MSU meminta agar acara ini dilakukan secara monthly event,” tambahnya.

Harapannya, acara International Guest Lecture ini akan melebarkan lagi sayap di kancah Internasionalnya dengan mengundang pembicara dari berbagai negara. (yas/coo)