Mendongkrak Publikasi Buku Ajar, UMSB Gelar Workshop bersama Guru Besar ITB

Mendongkrak Publikasi Buku Ajar, UMSB Gelar Workshop bersama Guru Besar ITB
Mendongkrak Publikasi Buku Ajar, UMSB Gelar Workshop bersama Guru Besar ITB

PADANG, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) menggelar Workshop Publikasi Buku Ajar (Textbook) bagi dosen penulis UMSB tanggal 20 Januari 2021 di Kampus I UMSB Padang, Rabu (20/1/2021).

Kegiatan tersebut menghadirkan dua pakar sebagai juru latih (writing coach) yaitu Guru Besar ITB dan Komisaris PT Telkom Indonesia Prof. Ir. Marsudi Wahyu Kisworo, PhD., IPU serta Dosen dan Editor UMSB Press Efri Yoni Baikoeni, SS, MA.

Kegiatan tersebut diikutisebanyak 55 orang peserta yang merupakan dosen UMSB dari berbagai latar belakang ilmu dan keahlian.

Pada kesempatan membuka secara resmi, Wakil Rektor II UMSB Dr. Mursal, MAg. menyatakan bahwa kegiatan ini sangat penting dalam mendongkrak publikasi buku ajar di kalangan dosen UMSB apalagi tujuan berdirinya UMSB Press adalah untuk menaungi para civitas akademika dalam mempublikasikan karyanya. Buku ajar atau “textbook” yang dikenal pula dengan sebutan buku teks merupakan bahan ajar primer karena paling banyak digunakan diantara semua bahan ajar.

Dalam presentasinya, juru latih mengungkapkan antara lain manfaat menerbitkan buku ajar bagi seorang dosen yaitu: sebagai sarana berkesan berbagi ilmu kepada mahasiswa, untuk membangun personal branding, sebagai pemasukan tambahan finansial, dan menambah angka kredit untuk menunjang karir. Dosen bisa mendapatkan 20 poin untuk buku ajar dan 40 poin untuk buku referensi. Tentu saja angka ini sangat bernilai untuk kenaikan pangkat fungsional dosen yang menulis buku ajar.

Ketua UMSB Press, Vini Wela Septiana menambahkan bahwa peserta workshop adalah dosen penulis UMSB yang sudah menyiapkan draft buku ajar sesuai keahlian masing-masing. Sebagai tindak lanjut, kegiatan workshop ke-2 akan dilaksanakan tanggal 27 Januari 2021 di Kampus III Bukittinggi. Usai menjalani workshop setiap peserta akan mendapatkan bimbingan penulisan “writing clinic” bersama juru latih secara virtual pada tiga bulan berikutnya.

Baca Juga:   Bawa Bantuan ke Mamuju, Mobil Ketua Muhammadiyah Enrekang Alami Kecelakaan

Diharapkannya pada bulan Juli 2021, buku ajar karya peserta workshop sudah diterbitkan UMSB Press untuk pada semester berikutnya oleh mahasiswa di Kampus UMSB. (RI)