Dr Achyani: Integritas sangat Diperlukan dalam Penelitian

Dr Achyani Integritas sangat Diperlukan dalam Penelitian
Dr Achyani Integritas sangat Diperlukan dalam Penelitian

METRO, Suara Muhammadiyah – Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah (UM) Metro Dr. Achyani, M.Si. imbau para pimpinan agar memiliki integritas dalam melakukan penelitian.

Hal ini terungkap dalam kegiatan Penandatanganan Kontrak Penelitian OPR Institusi Pimpinan Tahun Anggaran 2020/2021 yang berlangsung di Aula Gedung HI Kampus I UM Metro, Jum’at (22/01/2021).

“Kegiatan ini secara umum bertujuan untuk mewujudkan SDM peneliti yang profetik profesional, kelembagaan yang islami, dan substansi penelitian yang bersumber dari ayat-ayat kauliyah dan kauniah,” kata Dr. Achyani dalam sambutannya.

Dosen PPs UM Metro ini juga menerangkan ada dua tujuan khusus perihal penandatanganan kontrak OPR Institusi Pimpinan ini.

“Dan tujuan khususnya, yang pertama untuk meningkatkan penelitian berbasis AIK yang aplikatif dengan kebutuhan masyarakat, dan dunia usaha dan dunia industry (DUDI). Lalu yang kedua adalah untuk meningkatkan produktivitas penelitian dalam artikel ilmiah yang termuat dalam jurnal dan atau prosiding,” tambahnya.

Dari tujuan-tujuan tersebut, sambungnya, kami melaksanakan skim penelitian ini ditujukan untuk para pimpinan. Kenapa ini diadakan, para pimpinan memiliki curah waktu yang lebih sedikit untuk kegiatan seperti ini karena curah waktunya lebih banyak untuk mengurus kelembagaan. Sehingga diberikan skim khusus yaitu OPR Institusi Pimpinan.

“Namun dalam prosesnya, diharapkan agar berintegritas, yang mana hasilnya nanti berkualitas. Artinya luarannya itu termuat dalam jurnal yang bereputasi,” jelas Dr. Achyani.

Lebih lanjut, mantan Wakil Direktur PPs UM metro ini menegaskan, berintegritas itu dalam artian prosesnya dijalani dengan sungguh-sungguh, datanya juga objektif, topiknya ada unsur orisinalitas keterbaruan, dan itu karya sendiri. “Sehingga Ketika ditulis di artikel, kita lebih percaya diri dan mudah-mudahan banyak jurnal yang mau memuat,” tukasnya.

Baca Juga:   Realisasikan Sinergitas, FAI UAD Agendakan Optimasi Portal untuk Wali MABA

Selain OPR Institusi, menurutnya OPR untuk dosen kampus terbaik ini juga akan segera diberikan jika tahap seleksi proposal sudah selesai dilaksanakan.

“Proposal yang masuk juga cukup banyak baik dari skim penelitian mau pun pengabdian. Mudah-mudahan itu menunjukkan gairah meneliti dan mengabdi dari para dosen UM Metro masih tetap tinggi di tengah pandemi Covid-19,” pungkasnya. (Bungsudi/Hum)