Launching SD Muhammadiyah Al-Kautsar Sruweng, Ada Program Unggulan Tahfidz dan Robotik

Launching SD Muhammadiyah Al-Kautsar Sruweng, Ada Program Unggulan Tahfidz dan Robotik
Launching SD Muhammadiyah Al-Kautsar Sruweng, Ada Program Unggulan Tahfidz dan Robotik

KEBUMEN, Suara Muhammadiyah – Launching SD Muhammadiyah Al-Kautsar Sruweng berlangsung di Kompleks Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen menjadi pembuka tahun yang istimewa. Dengan hadirnya SD Muhammadiyah Al-Kautsar Sruweng dengan program unggulan Tahfidz dan Robotik, merupakan ikhtiar dan inovasi persyarikatan untuk memajukan pendidikan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Ada yang menarik dalam Launching SD Muhammadiyah Al-Kautsar Sruweng, yaitu menampikan robot berukuran besar. Robot berwarna kuning yang lebih tinggi dari orang dewasa itu merupakan karya dari SD Muhammadiyah Al-Kautsar Sruweng.

Saat penandatanganan prasasti, Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto takjub melihat hasil karya Robotik SD Muhammadiyah serta menyampaikan kebanggaannya atas kreasi dan inovasi yang dilakukan SD Muhammadiyah.

Wakil Bupati Arif Sugiyanto yang ia juga berharap agar nantinya keberadaan SD Muhammadiyah Al-Kautsar Sruweng bisa menjadi tempat menimba ilmu yang tidak hanya mendidik para siswanya dalam bidang ilmu pengetahuan, namun juga bisa menanamkan budi pekerti yang baik.

“Pendidikan harus selaras, tidak hanya unggul dalam ilmu pengetahuan, namun juga harus memiliki karakter dan budi pekerti yang baik,” ujar Arif Sugiyanto, Kamis (21/1/2021). Wakil Bupati Arif Sugiyanto didampingi juga Kepala Dinas Pendidikan Amirudin.

Dalam kesempatan ditandatangani prasasti program unggulan Tahfidzul Quran oleh Ketua PDM Kebumen KH Abduh Hisyam dan program ekstrakurikuler robotika oleh Wabup Arif Sugiyanto. Adapun prasasti pembangunan gedung dilakukan Ketua Pimpinan W Muhammadiyah Jateng KH Tafsir MAg.

Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto juga meminta SD Muhammadiyah Al-Kautsar Sruweng dapat mengedepankan pendidikan agama dan ilmu teknologi serta membentuk karakter generasi yang kuat secara rohani dan jasmani. “Saya mengapresiasi ektrakurikuler robotika karena generasi penerus harus melek teknologi,” ujar Arif Sugiyanto.

Ketua Pendiri SD Muhammadiyah Al-Kautsar Sruweng, Sumarno menjelaskan bahwa pihaknya sudah mulai menerima peserta didik baru untuk tahun pelajaran 2021-2022. Sementara SD menempati kompleks Gedung Muhammadiyah Islamic Center Simpang Lima Sruweng. Saat ini gedung SD dibangun di belakang SMPN Sruweng.

Baca Juga:   Majelis Dikti dan Litbang Ajarkan Budaya Korporasi

“SD Muhammadiyah Al-Kautsar memiliki program unggulan, salah satunya tahfidzul Qur’an dengan harapan peserta didik juga bisa menyerap pendidikan formal dan mengaji. Adapun program ekstrakurikuler unggulan yakni robotika yang bertujuan ada kesinambungan pendidikan antara agama dan ilmu teknologi,” katanya.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kebumen Abduh Hisyam juga berharap agar keberadaan SD Muhammadiyah Al Kautsar Sruweng bisa mewarnai pendidikan dan mewujudkan harapan masyarakat.

Salah satu pendidikan yang ditanamkan pada para siswa SD Muhammadiyah adalah tentang amar makruf nahi munkar, bertauhid yang baik, toleransi melalui bidang pendidikan. Diharapkan metode ini bisa diterapkan untuk menciptakan generasi cerdas calon pemimpin di masa depan.

“Sangat penting untuk mengajarkan anak-anak bernalar dengan baik, tidak mudah bertabligh, tidak mudah menyebarkan berita yang tidak jelas, menanamkan hal itu melalui pendidikan,” pungkasnya. (sm/dp/riz)