PMT Tegal Launching 8 Buku Karya Sastra Indonesia

PMT Tegal Launching 8 Buku Karya Sastra Indonesia
PMT Tegal Launching 8 Buku Karya Sastra Indonesia

TEGAL, Suara Muhammadiyah – Di masa pandemi covid-19 yang saat ini masih terjadi di Indonesia, berpengaruh pada dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi. Aktifitas pembelajaran menggunakan online atau daring.

Problem yang terjadi saat pembelajaran membosankan dan tidak menyenangkan.. Itulah yang terjadi keluahan mahasiswa.

Namun berbagai macam masalah kita harus semangat dan membangun inovasi serta trobosan yang bisa bermanfaat selama pandemi covid 19.

Sebagai bentuk apresiasi dan dorongan kepada Mahasiswa Politeknik Muhammadiyah Tegal (PMT) semester 1 dalam mata kuliah umum Bahasa Indonesia pengampu Hendra Apriyadi.M.Pd

“Saya menggunakan pembelajaran berbasis projek yaitu model Projek Based Learning Ajak Mahasiswa PMT menulis Karya Sastra Indonesia berupa Cerpen Ada 8 buku Antologi sudah di terbikan oleh Politeknik Muhammadiyah Tegal,” ungkapnya.

Patut disyukuri dan diapresiasi untuk para mahasiswa PMT yang berani menulis karya sendiri yang berdasarkan cerita Imajinasi penulis dan pengalaman di era pandemi covid 19.

Berikut sebuah ungkapan dari mahasiswa polikteknik Muhammadiyah Tegal tentang model pembelajaran Projek based learning yang saya terapkan dan dapat menciptakan sebuah karya sastra Indonesia. Berupa buku antologi selama pembelajaran online saya menggunakan apalikasi google classroom untuk menyampaikan materi, sedangan untuk presentasi menggunakan video yang dibuat mahasiswa.

Buku dilaunching pada 26 Januari 2021 di Kampus PMT bersama dengan kegiatan Masta Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah menggunakan protokol kesehatan yang ketat

Dalam opini dan Apresiasi karya sastra ini mendapatkan Respon yang baik dari Teguh Rimbawan selaku Direktur Politeknik Muhammadiyah Tegal. Dirinya mendukung atas kreatifitas dosen bahasa Indonesia untuk membuat projek dan bisa menghasilkan produk kreatif.

Di era digital ini, kemampuan menulis mahasiswa sangat diperlukan sebagai portofolio atau hasil karya berupa produk mereka. Oleh karena itu, direktur sangat mendukung pola pengajaran dan pembelajaran yang diterapkan oleh Dosen Hendra dengan berorientasi keluaran atau hasil.

Baca Juga:   Dosen Bahasa Ajak Mahasiswa Muhammadiyah Menulis Karya Sastra Indonesia

Dimana mahasiswa diwajibkan untuk berpartisipasi aktif sebagai penulis di dalam buku yang harus diterbitkan pada akhir semester. Pengalaman ini diharapkan akan mengasah kemampuan soft skill mahasiswa dalam berpikir kritis, berinovasi, berkomunikasi, serta berkolaborasi di dalam bermasyarakat.

Sehingga mereka dapat berperan aktif didalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Selamat dan Sukses semoga bermanfaat untuk pengembangan kampus Politeknik Muhammadiyah Tegal. (Hendra A)