Sukses Bina Beasiswa Turki, Hublu PWPM Sumbar Kerjasama Dosen Uhamka

Bina Beasiswa Turki
Sukses Bina Beasiswa Turki, Hublu PWPM Sumbar Kerjasama Dosen Uhamka

ISTANBUL, Suara Muhammadiyah – Pendaftaran Beasiswa Turki atau yang sering dikenal YTB Scholarship telah dibuka awal tahun 2021 ini, tepatnya Januari-Februari. Salah satu beasiswa luar negeri paling bergengsi tersebut terbuka bagi lulusan SMA yang ingin melanjutkan Sarjana maupun beasiswa untuk jenjang Doktor (S3).

Perlu persiapan matang dan strategi tersendiri dalam rangka meraih beasiswa serta cita-cita kuliah di negeri dua benua tersebut. Oleh karena itu, Bidang Hubungan Luar Negeri PWPM Sumatera Barat menggelar Program Bimbingan Intensif meraih Beasiswa Turki yang telah dimulai sejak, Ahad, 17 Januari 2021.

Program Bina Beasiswa Turki Bidang Hubungan Luar Negeri PWPM Sumatera Barat bekerja sama dengan Dosen Uhamka Peraih Beasiswa Turki YTB 2018 Dinil Abrar Sulthani yang merupakan mahasiswa S3 (PhD) di Marmara University, Turki.

Fokus Bimbingan Bina Beasiswa Turki membahas persiapan dari awal pendaftaran beasiswa dan memberikan bimbingan secara online. Seperti kupas tuntas aplikasi online, persiapan berkas unggulan hingga berbagi pengalaman pribadi agar para calon penerima beasiswa bisa mempelajarinya.

Wakil Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri PWPM Sumbar, Isral Naska mengungkapkan gagasan pembinaan beasiswa Turki ini adalah sumbangsih kecil pada kemajuan bangsa dan negara. “Anak muda Indonesia perlu dibantu untuk memperoleh pengalaman akademik yang berbeda di luar negeri. Hal ini dipercaya akan memperkaya perspektif anak muda dalam membangun bangsa Indonesia yang berkemajuan,” ungkap Dosen FAI UMSB dan PhD Candidiate University College Cork, Irlandia tersebut.

Sementara itu, menurut Dinil Abrar Sulthani, Bina Beasiswa Turki adalah wadah bimbingan yang mengoptimalkan diri untuk lebih mantap mempersiapkan berkas-berkas unggulan meraih Beasiswa Turki. “Semoga dari proses bimbingan ini membawa kesuksesan bagi peserta kuliah ke Turki,” ungkap Dinil selaku Tutor.

Baca Juga:   Muhammadiyah Kendal Soroti Pilar Ekonomi

Peserta Bina Beasiswa Hublu PWPM Sumbar mencapai 129 orang. Berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Padang, Yogyakarta, Palopo, Dompu hingga Monokwari Papua Barat. Peserta berasal dari latar belakang berbeda mulai dari pelajar, mahasiswa, guru, ASN, dosen, dan profesional.

Apa Kata Peserta Bina Beasiswa Turki?

Salah satu peserta, Yudha Prakasa dari Malang menyampaikan Bina Beasiswa yang diselenggarakan oleh Bidang Hubungan Luar Negeri Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sumatera Barat sangat bermanfaat bagi dirinya dalam mempersiapkan aplikasi beasiswa YTB.

Yudha menilai sosok tutor, fasilitator sekaligus motivator dalam kegiatan ini juga sangat membantu dalam memberikan segala informasi yang diperlukan selama proses pembinaan. Tutor dengan sabar dan teliti menjawab seluruh pertanyaan yang meskipun banyak diantara peserta lalai mengerjakan tugas yang diberikan.

“Finally, terima kasih atas dedikasi, waktu, dan ilmu yang diberikan kepada kami. Semoga setiap ilmu yang mengalir kepada kami diganjar pahala dari Allah SWT. Sampai jumpa di Turkey,” pungkasnya. (Riz)