19 Jurnal UMP Terakreditasi SINTA, Sumbangan Besar bagi Dunia Akademik

19 Jurnal UMP Terakreditasi SINTA
19 Jurnal UMP Terakreditasi SINTA

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah – 19 Jurnal UMP Terakreditasi SINTA, Sumbangan Besar bagi Dunia Akademik. Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) terus menggeliat melalui publikasi jurnal yang kembali menorehkan prestasi. Sebanyak 19 jurnal yang diterbitkan oleh civitas akademika UMP telah meraih status akreditasi Science and Technology Index (SINTA).

“Alhamdulillah UMP sudah memiliki 19 Jurnal yang terakreditasi SINTA. Dua jurnal yang telah terakreditasi SINTA 2 yaitu JUITA: Jurnal Informatika, dan Medisains. Lima Jurnal yang terakreditasi SINTA 3 diantaranya JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi), PHARMACY: Jurnal Farmasi Indonesia, Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam, Kosmik Hukum, dan Dinamika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,” kata Ketua Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP) Dr. apt. Pri Iswati Utami, S.Si., M.Si, Rabu (27/01/2021).

Untuk SINTA 4 ada tujuh jurnal, yakni JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), Techno, Kompartemen : Jurnal Ilmiah Akuntansi, Psycho Idea, Agritech: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, Leksika, dan Jurnal Hukum Ekonomi Syariah.

Sementara yang terakreditasi SINTA 5 ada JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), Alphamath: Journal of Mathematics Education, Media Ekonomi, Herb Medicine Journal, dan satu jurnal yang terakreditasi SINTA 6 yakni Khazanah Pendidikan.

Dijelaskan, akreditasi ini merupakan bentuk penjaminan mutu jurnal-jurnal di Indonesia yang dilakukan oleh Kementrian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional RI. Hal ini bertujuan untuk menjadi tolak ukur kinerja ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Hasil penilaian akreditasi jurnal nasional yang dilakukan melalui laman ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional) terbagi menjadi 6 peringkat. Dalam proses akreditasi jurnal, unsur-unsur yang dinilai meliputi penamaan jurnal ilmiah, kelembagaan penerbit, penyuntingan dan manajemen jurnal, substansi artikel, gaya penulisan, penampilan, keberkalaan, dan penyebarluasan” jelasnya.

Akreditasi jurnal nasional ini mengikuti ketentuan pemerintah sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2018 Tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah. Pri Iswati Utami menekankan, akreditasi ini sangat penting.

Baca Juga:   Sharing Informasi Beasiswa, PCIM Taiwan Temui Muhammadiyah Sumbar

“Akreditasi ini sangat penting, terutama untuk pemeringkatan universitas karena jadi salah satu indikator penilaian. Akreditasi SINTA ini dapat pula menarik perhatian penulis untuk ikut berkontribusi dalam jurnal-jurnal yang ada di UMP yang sudah terakreditasi,” pungksanya. (tgr)