Inovasi Try Out Online SMP Musapra, Sukses Diikuti Ribuan Peserta

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – SMP Muhammadiyah 1 Prambanan, yang terletak di perbatasan Klaten Jawa Tengah dan Sleman Jogjakarta, tepatnya di dusun Gatak Bokoharjo Prambanan Sleman, pada 12 November 2020 genap berusia 60 tahun. Sekolah ini selain memiliki visi Islami, Unggul dalam Prestasi, Berdaya Saing dan Mandiri, juga memiliki Branding Sekolah, Sekolahnya Anak Sholeh. Di usia yang 60 tahun ini, usia yang tidak muda lagi, semakin bertambah usia semakin bertambah tantangannya di Era Pandemi.

Pada tahun pelajaran 2021/2022 memiliki siswa sebanyak 15 rombel dengan jumlah 470 siswa, 50 guru dan karyawan. Sebagai tanda rasa syukur kepada Allah, SMP ini menggelar Rangkaian Kegiatan PPDB. Berbagai acara diramu selain untuk meningkatkan kreativitas guru dan siswa juga sebagai syiar dakwah sekolah kepada masyarakat.

Pada Era Pandemi ini kita memberikan berbagai program dalam rangka memberikan fasilitas layanan pada siswa yang belajar di rumah. Pada siswa SD kelas VI kami menyelenggarakan Try Out secara rutin karena pandemi pada tahun ini try out diselenggarakan secara online. Peserta yang mengikuti try out online pada tahun ini 1198 siswa dari 69 SD. “Alhamdulillah sudah terlaksana dan berjalan lancar dan sukses,” ungkap ungkap Kepala SMP Muhammadiyah 1 Prambanan Daswati Rofiatun Sahifah, MPd, Kamis (28/1/2021).

Selain try out juga menyelenggarakan “Pelatihan Media Pembelajaran” untuk guru SD pada tanggal 23, 24, 25, dan27 November 2020. Perserta pelatihan media didihadiri oleh 70 guru SD dari 28 SD. Kita juga bekerjasama dengan kepala sekolah SD yaitu dengan program “Kepala Sekolah Menyapa” supaya SD tersebut ikut mempromosikan sekolahnya terkait dengan PPDB atau profil sekolah.

Try out ini terselenggara pada tanggal 15-17 Januari 2021. Pada tangga 28 Januari 2021 telah memberikan reward dengan  hadiah utama Sepeda, hadiah kedua Handphone, dan hadiah lainnya uang pembinaan dan reward yang lain. Pemberian hadiah dilaksanakan oleh SMP Muhammadiyah 1 Prambanan dengan mengundang siswa dan kepala sekolah SD.

Baca Juga:   Moderasi Keberagamaan dengan Basis Manhaj Muhammadiyah

Kepala SMP Musapra mengucapkan selamat kepada peraih peringkat tertinggi Juara 1 diraih oleh siswi yang bernama Zanira Aprodita KE dari SD Negeri Sumber 1 Berbah, Juara 2 yaitu Khairunnisa Mulatingyas dari SD MBS Prambanan Sleman, Juara 3 Novita Rhissa Karina dari SD Negeri Delegan 3, Juara 4 Muhammad Hafidz F dari SD Negeri 2 Kebondalem Lor, dan Juara 5 Florensia Astrid D dari SD Negeri Rejondani.

SMP Muhammadiyah 1 Prambanan telah membuka jalur khusus yang terbagi menjadi 3 yaitu jalur tahfidz, prestasi dan indent. Jalur tahfidz dan prestasi pendaftaran dibuka sampai 31 Januari 2021 sedangkan jalur indent dibuka sampai 30 April 2021. Fasilitas yang akan didapat yaitu gratis SPP, daftar ulang selama 3 tahun, sedangan untuk jalur tahfidz dan prestasi terdapat fasilitas tambahan yaitu beasiswa biaya pendidikan. Selanjutnya usai jalur indent 30 April 2021 adalah jalur reguler. (Riz)