Bahas Vaksinasi, Menkes Pelajari Data di Pusat Syiar Digital Muhammadiyah

Menkes Budi Gunadi Sadikin PSDM
Menkes Budi Gunadi Sadikin saat di PSDM

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pada Kamis (28/1) Menteri Kesehatan Budi Gunawan Sadikin kembali mendatangi kantor PP Muhammadiyah guna bersilaturahim. Agenda silaturahim tersebut diterima langsung oleh Haedar Nashir, Ketua Umum PP Muhammadiyah bersama jajaran pimpinan pusat lainnya.

Kedatangan Menkes yang kedua kalinya ke PP Muhammadiyah ini bermaksud untuk memperkuat kerjasama dalam program kesehatan nasional. Sebagai Ormas Islam yang paling mapan serta memiliki institusi amal usaha rumah sakit, klinik dan balai kesehatan, Muhammadiyah telah berbuat banyak dan berkontribusi nyata untuk membangun sistem kesehatan di seluruh pelosok negeri. Hal inilah yang terus dilakukan oleh Muhammadiyah dan Aisyiyah dengan berbagai inisiatif gerakannya untuk kemanusia.

“Selain kekuatan yang terletak pada amal usaha di bidang kesehatan, yang telah mapan dan tersebar di seluruh tanah air, kekuatan Muhammadiyah juga terdapat pada gerakan komunitasnya,” ujar Haedar.

Haedar juga mengatakan, dalam mengatasi pandemi covid 19 yang kasusnya terus meningkat, dibutuhkan usaha vaksinasi yang masif. Selain itu yang tidak kalah penting adalah penerapan disiplin sosial yang ketat bagi masyarakat.

Kerjasama antara Muhammadiyah dan Kemenkes ini diharapkan dapat menjadi kekuatan nasional yang besar guna membangun kesehatan masyarakat di daerah-daerah pelosok, tertinggal, dan terluar.

Saat berkunjung, Budi Gunawan Sadikin mengaku kagum dengan Pusat Syiar Digital Muhammadiyah (PSDM), yang salah satu fungsinya menghimpun serta menyajikan data peran Muhammadiyah selama penanganan Covid-19. Hal tersebut disampaikan Budi ketika bersilaturahim ke kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta.

Ia mengaku bahwa data-data tersebut dapat terhimpun dengan baik dan secara nyata mengisyaratkan bahwa peran Muhammadiyah tidak perlu diragukan lagi. “Kemenkes belum tentu memiliki data sedetail ini, Muhammadiyah sudah sangat luar biasa,” tutur Budi saat menyaksikan paparan data peran Muhammadiyah dalam penanganan Covid-19 di ruang PSDM.

Baca Juga:   Program Mahawira UM Ponorogo Cetak Wirausahawan Terampil

Dalam kesempatan itu juga Menkes menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Muhammadiyah atas dukungan dan kerjasamanya selama ini, termasuk yang terakhir untuk program vaksin covid 19. (diko)