Utamakan Kesehatan, Solusi KKN di Tengah Pandemi

Utamakan Kesehatan, Solusi KKN di Tengah Pandemi
Utamakan Kesehatan, Solusi KKN di Tengah Pandemi

SLEMAN, Suara Muhammadiyah  – Di tengah kondisi pandemi yang belum mereda, Kelompok-29 peserta KKN Reguler IT Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tahun 2021 tetap dapat berperan di tengah masyarakat. Dengan sistem KKN yang baru, kelompok KKN yang satu ini seakan dapat langsung beradaptasi di tengah pandemi, salah satunya adalah program KKN yang dinilai dapat mengobati kerinduan anak-anak di daerah Mejing Wetan, Ambarketawang, Gamping, Sleman terhadap suasana belajar luring di sekolahnya.

Kelompok KKN-29 Reguler IT UMY ini bersama mitra komunitasnya, yaitu Wonderhome Library (WHL) secara epic menyediakan bimbingan belajar bagi anak-anak sekitar komplek WHL. Tidak tanggung-tanggung, peserta dari bimbel tersebut mulai dari anak-anak PAUD sampai dengan SMP sederajat. Dalam program tersebut, terdapat sejumlah bimbel, di antaranya adalah Bimbel Bahasa Inggris, Matematika, Kreasi Anak, Bahasa Jawa dan Bahasa Arab yang dibantu oleh Volunteer WHL sendiri.

Dengan protokol kesehatan yang ketat, 5M (Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan dan Membatasi Mobilitas), para peserta KKN melaksanakan segala programnya, khususnya dalam program bimbel tersebut. Dikarenakan kepercayaan orangtua terhadap penyerahan putera-puterinya untuk mengikuti program KKN tersebut adalah salah satu yang terkuat yakni mengenai kesanggupan peserta KKN dalam menaati protokol kesehatan covid-19 dalam setiap programnya.

Ada satu testimoni dari peserta bimbel yang mengungkapkan bahwa, “Alhamdulillah ada yang ngadain bimbel, bisa buat ngobati kangen sekolah…”. Kalimat yang didapatkan dari status WA milik Bu Melani (28/1) yang merupakan Co-Founder WHL tersebut dapat menjadi awal kesuksesan bagi peserta KKN IT UMY. Hal ini tentu tak lepas dari peran Dosen Pembimbing Lapangan, Mohammad Syifa Amin Widigdo, PhD yang senantiasa mendampingi dan mengingatkan bahwa keselamatan dan kebermanfaatan adalah nomer satu dalam KKN di tengah pandemi seperti ini.

Baca Juga:   Dosen Manajemen UMY Dampingi Takmir Kelola Keuangan Masjid

Pernyataan tersebut juga senada dengan harapan dari Ketua Kelompok-29 KKN Reguler IT UMY 2021, Alif Sangaji, ia berharap bahwa dalam KKN kali ini, kelompok mereka dapat menjalankan program yang bermanfaat tanpa menghadirkan mudharat di dalamnya, terutama dalam hal kesehatan. Dalam seremoni penerjunan KKN, pesan dari Rektor UMY, Dr. Gunawan Budiyanto nampaknya juga dipegang teguh oleh kelompok ini, bahwa anak panah Muhammadiyah harus selalu mengedepankan kaidah teologi Surat Al Maun yang selalu diajarkan Kiai Dahlan, yaitu untuk selalu jadi penolong dan pembaharu masyarakat.

Selain bimbel, Kelompok-29 KKN Reguler IT UMY pada tahun 2021 yang beranggotakan delapan mahasiswa lintas jurusan yang terdiri dari Alif Sangaji (Teknologi Informasi), Binda Devinta (Manajemen), Eti (Akuntansi), Bunga Dewi (Agri Bisnis), Icha Thahira (Ilmu Hukum), Racha Julian (Ilmu Pemerintahan), Alvin Adi (Hubungan Internasional) dan Alif Fathullah (Teknik Elektro) ini juga menjalankan program menarik lainnya seperti pembuatan podcast mingguan, training pembukuan dan digital marketing bagi UMKM mitra, serta satu program tambahan yakni melakukan kegiatan mural terhadap salah satu warung milik UMKM mitra. (Riz)