Meluncur ke Sulbar, Tim Medis UAD Tambah Kekuatan MDMC

Meluncur ke Sulbar, Tim Medis UAD Tambah Kekuatan MDMC
Meluncur ke Sulbar, Tim Medis UAD Tambah Kekuatan MDMC

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Meluncur ke Sulbar, Tim Medis UAD Tambah Kekuatan MDMC. Untuk memberi dukungan layanan kedaruratan kesehatan bagi warga terdampak gempa bumi di Sulawesi Barat yang dijalankan oleh Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), Jum’at (29/01) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mengirim tim medisnya.

Tim medis UAD yang terdiri dari satu dokter dan dua apoteker tersebut akan bertugas di Sulawesi Barat dari tanggal 30 Januari hingga 6 Februari 2021. Mereka adalah dokter Ade Lesmana, Teguh Uji Sungkowo dan Nasrul Haq bin Husain. Tim ini juga dibekali dengan logistik medis berupa obat-obatan, alat kesehatan dan Alat Pelindung Diri (APD).

Bertempat di Kampus 1 UAD, tim medis UAD dilepas keberangkatannya oleh para wakil rektor UAD yaitu Wakil Rektor Bidang SDM Norma Sari, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Gatot Sugiharto, Wakil Rektor Bidang Keuangan, Kehartabendaan dan Administrasi Umum Utik Bidayati.

Saat melepas tim medis UAD, Norma Sari mewakili Rektor UAD menyampaikan agar semua anggota tim berhati-hati dalam bertugas. “Mengingat saat ini masih pandemi Covid-19 maka mohon untuk jaga dan patuhi protokol kesehatan. Semoga layanan kesehatan yang diberikan nantinya dirasakan langsung manfaatnya oleh warga terdampak,” katanya.

UAD selama ini menjadi salah satu kampus Muhammadiyah yang punya komitmen tinggi dalam penanggulangan bencana. Komitmen ini diwujudkan UAD dengan mendirikan Pusat Studi Mitigasi dan Penanggulangan Bencana (PSMPB). Keberangkatan hingga kepulangan tim medis ini pun diatur oleh PSMPB yang saat ini di kepalai oleh Dholina Inang Pambudi, seorang dosen FKIP UAD.

PSMPB bertugas menyelenggarakan kajian, studi, dan kegiatan dalam rangka upaya mitigasi dan penanggulangan bencana dalam rangka mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan mengembangkan kemitraan berbasis pada kemanfaatan bersama dengan berbagai mitra strategis.

Baca Juga:   Strategi Mengamankan Manhaj Muhammadiyah

Selain itu komitmen UAD juga diwujudkan dengan pengadaan mobil doble kabin untuk dipakai dalam penanggulangan bencana oleh MDMC. Terkait pengadaan mobil double kabin tersebut Rektor UAD Mukhlas Arkanudin mengatakan itu sebagai dukungan UAD untuk MDMC. “Ini wujud komitmen UAD untuk mendukung kerja-kerja penanggulangan bencana oleh Muhammadiyah yang secara teknis dilaksanakan oleh MDMC di lapangan,” katanya. (Riz)