Kiat Menulis Paper bagi Pemula, Webinar Nasional STIKIP Muhammadiyah Bungo

Kiat Menulis Paper bagi Pemula
Webinar Nasional STIKIP Muhammadiyah Bungo

BUNGO, Suara Muhammadiyah – Belum lama ini  Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kabupaten Bungo (STKIP M.B), Provinsi Jambi menyelenggarakan WEBINAR NASIONAL pada Rabu- 27-januari 2021 melalui  Platfrom ZOOM Virtual dan Live Streaming Youtube dengan mengusung  tema “Strategi Penulisan Karya Ilmiah di Era Covid-19”.

Menghadirkan narasumber; Pertama, Prof Chairil Anwar dari Departemen Kimia FMIPA Universitas Gajah Mada “Kiat Menulis Paper bagi penulis Pemula”. Kedua, Apdoludin yang merupakan Dosen STIKIP Muhammadiyah Muaro Bungo “Tips Memilih Judul Karya Ilmiah”. Ketiga, Prof. Harun Joko Pryitno dari FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Syafrial Annas, S.E. MM, merupakan Ketua Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Bungo dalam kesempatan sesi pembukaan Webinar menyampaikan rasa syukur terlaksanany Webinar ini yang telah direncanakan jauh jauh hari. Beliau mengapresiasi setingi-tingginya kepada Panitia, Kepala Lembaga, Dosen dan yang paling utama adalah kepada Narasumber yang telah siap dan mengsuport kegiatan Webinar Nasional tersebut agar para peserta yang mengikuti nantinya dapat menerima, mendengar dan memahami materi yang disampaikan oleh narasumber.

Pada kesempatan sambutan pembuka webinar, Ketua STKIP Muhammadiayh Bungo juga memperkenalkan dimana Perguruan Tinggi Muhammadiyah tersebut kepada seluruh peserta, yang beliau berangapan bawah sebagaian peserta sedikit asing dan baru mendengar Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu pendidikan Muhammadiyah Bungo terutama lokasi.

Bungo merupakan ibu kota dari Kabupaten Bungo yang merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jambi bagian barat yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatra Barat. Kehadiran STKIP Muhammadiyah Bungo ini sama dengan kehadiran perguruan tinggi lainnya yaitu membantu kemajuan, mencerdaskan dan membangun generasi muda terutama di bidang pendidikan.

Kiat Menulis Paper bagi Pemula
Webinar Nasional STIKIP Muhammadiyah Bungo

STKIP Muhammadiyah Bungo mulai beroferasi, mulai menyelenggarakan perkuliahan dan menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi pada Tahun Akademik 2015/2016. Sehingga masih berusia sekitar lima, enam tahuan. Namun, berkat penerimaan dari kalangan masyarakat bungo kepada Amal Usaha Muhammadiyah di bidang pendidikan, perkembangan STIKIP Muhammadiyah Bungo dapat diapresiasi cukup berkembang.

Baca Juga:   SMK Mutu Tegal Kerjasama dengan Perusahaan Terbaik di Indonesia

Saat ini, yang pada awalnya STIKIP Muhammadiyah Bungo memiliki prodi yaitu PGSD, PJKR, dan Bahasa Inggris yang ketiganya sudah diakui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Kemudian STIKIP Muhammadiyah Bungo menambah lagi dua prodi yaitu Pendidikan Teknologi Informasi dan Pendidikan Vokasi Seni Kuliner yang merupakan prodi terbaru STKIP Muhammadiyah Bungo dan merupakan satu-satunya kedua prodi tersebut di Provinsi Jambi.

Selanjutnya Ketua STKIP Muhammadiyah Bungo kepada peserta webinar menyampaikan maksud acara webinar dengan mengusung tema “ Strategi Penulisan Karya Ilmiah di Era Covid-19” sangat penting. Ada hal yang melatar belakang dan mendasar sehingga diangkat tema tersebut pada acara wenibar kepenulissan ilmiah. Selama ini kita pahami, dalam penulisan karya ilmiah selaku kita hadapkan pada sebuah keadaan yang menakutkan, sulit.

Pada kesempatan ini khususnya bagi mahasiswa beranggapan menulis karya, melakukan penelitian, metode apa yang digunakan, itu sangat jadi persoalan bagi mahasiswa, sehingga kita melihat kuantitas dan kualitas karya tulis ilmiah baik mahasiswa maupun penulis pemula disamping sangat terbatas , juga kualitasnya amat disayangkan.

Muhadahan dengan kita mengikuti webinar ini baik mahasiswa dan penulis pemula setidaknya dapat memahami dan menambah wawasannya sehingga termotivasi dan kemudian tertarik melakukan dan membuat karya-karya penelitian setelah materi-materi disampaikan oleh para narasumber yang berkompeten dibidang kepenulisan yang nanti setelah mengikuti webinar dapat sedikit meningkatkan kemampuan menulis baik dari segi kuantitas maupun kualitas dari karya-karya ilmiah bagi peserta webinar dan juga bermanfaat bagi semua. (Dedek Helida Pitra)