Mahasiswa UMP Kembangkan Penghasil Kopi Gayo

Mahasiswa UMP Kembangkan Penghasil Kopi Gayo
Mahasiswa UMP Kembangkan Penghasil Kopi Gayo

BREBES, Suara Muhammadiyah – Sadar dengan potensi pertanian yang dimiliki Desa Dawuhan Kabupaten Brebes Jawa Tengah.

Kelompok KKN Percepatan Penanganan Covid-19 Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melakukan penanaman 1 juta tanaman kopi Gayo di dusun tersebut. Hal itu karena Desa Dawuhan, Brebes merupakan penghasil kopi Gayo.

Kordinator Kabupaten Brebes Wahyu Jati mengatakan bersama tim KKN UMP telah melaksanakan penanaman 1 juta pohon kopi Gayo di wilayah tersebut.

“Tujuan kegiatan penanaman  kopi ini adalah untuk mengantisipasi terjadinya banjir karena kondisi hutan di desa Dawuhan saat ini gundul. Kondisi ini menyebabkan air hujan tidak akan bisa terserap ke dalam tanah karena mayoritas penduduk di Desa Dawuhan menanam tanaman semusim seperti kentang, kol dan daun bawang,” katanya, Senin (1/2/2021).

Menurutnya, dengan penanaman pohon kopi diharapkan  kegiatan ini tidak hanya bermanfaat bagi Perhutani namun juga untuk penduduk di Desa Dawuhan dan sekitarnya.

“Penentuan jenis tanaman kopi Gayo merupakan salah satu ajang reboisasi penghijauan hutan dengan menanam tanaman keras, penanaman pohon kopi ini juga bisa menjadi salah satu trobosan guna membantu perekonomian warga di Desa Dawuhan Kabupaten Brebes,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti memberikan apresiasi dan penghargaan kepada peserta KKN UMP yang ditempatkan kegiatannya di 5 Kecamatan dan 8 Desa di Kabupaten Brebes.

“Saya berharap KKN UMP di Brebes ini dapat membantu warga masyarakat untuk melakukan kegiatan positif, baik itu dalam kegiatan pertanian, perekonomian maupun sosialnya,” jelasnya.

Kepala Desa Dawuhan Sudarsono menyampaikan ucapan terima kasih kepada mahasiswa KKNT PPC UMP di Desa Dawuhan yang telah berpartisipasi dan bekerja bersama dalam pelaksanaan acara Penanaman 1 juta pohon kopi Gayo tersebut.

Sudarsono juga berharap agar penanaman kopi Gayo yang melibatkan mahasiswa KKN di Dawuhan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan perekonomian  masyarakat desa sekaligus menjaga kelestarian lingkungan. (Jfa)

Baca Juga:   Sekolah Muhammadiyah di Magelang Dukung Gerakan Satu Juta Masker