Pandemi Belum Berakhir, Unismuh Gencarkan Sosialisasi Kampus secara Online

Pandemi Belum Berakhir, Unismuh Gencarkan Sosialisasi Kampus secara Online

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Pandemi belum berakhir, namun proses penjaringan mahasiswa baru tahun 2021 tetap harus berjalan. Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, misalnya, tetap menargetkan menerima 5000 mahasiswa baru tahun ini.

Selama ini Unismuh menjaring mahasiswa baru dengan melakukan sosialisasi langsung ke sekolah. Unismuh juga kerap melaksanakan atau terlibat dalam pameran sosialisasi kampus.

Namun pandemi yang tak kunjung usai, membuat Unismuh mesti memikirkan strategi lain. Sosialisasi secara online (daring) menjadi pilihan yang paling realistis. Alasan itulah yang menjadi dasar pemikiran Unismuh meluncurkan Sistem Informasi dan Media Sosial Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021-2022.

Rektor Unismuh Prof Ambo Asse meluncurkan aplikasi tersebut di Gedung Iqra Lantai 2 Kampus Unismuh Makassar, Jl. Sultan Alauddin, Senin (1/2/2021). Acara dilaksanakan dengan protokol Kesehatan, sehingga jumlah orang yang hadir dibatasi.

Hanya petinggi kampus tingkat Universitas dan beberapa wartawan yang hadir secara fisik. Sementara cvitas akademika Unismuh lainnya hadir secara daring melalui aplikasi zoom, maupun menyaksinkan melalui chanel Youtube Unismuh Makassar.

Dalam sambutannya, Ambo Asse menargetkan 5000 orang mahasiswa baru untuk tahun akademik 2021-2022. “Kami membuka kuota seluruh program studi dengan jumlah Insyaallah 5000 mahasiswa baru,” ungkap Guru Besar Ilmu Hadits ini.

Saat ini Unismuh membina 7 fakultas dan program pascasarjana, dengan 48 prodi mulai dari S1, S2 dan S3. “Dari 48 prodi, 12 prodi telat mendapat akreditasi A, dan 27 akreditasi B,” tambah nakhoda Unismuh, yang juga Ketua Pimpinan Wilayah Muhamamdiyah Sulsel ini.

Penerimaan mahasiswa baru tahun ini dilaksanakan secara daring untuk memudahkan akses mendaftar di Unismuh Makassar. Hanya dengan scan barcode, para siswa sudah bisa masuk ke aplikasi pendaftaran Unismuh Makassar.

“Kami menyampaikan kepada seluruh siswa kelas XII tahun ini agar bersiap-siap untuk memasuki Universitas Muhammadiyah Makassar yang dengan fasiltas-fasilitas yang kita siapkan,” tambah Ambo Asse.

Baca Juga:   RS Muhammadiyah Lamongan Gelar Inhouse Training Resusitasi Neonatus

Proses perkuliahan di Unismuh Makassar masih dilaksanakan secara daring. “Tentunya kita harus senantiasa berdoa kepada Allah agar wabah ini cepat berlalu sehingga kita bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka,” tutup Rektor Unismuh itu.

Acara ini dirangkaikan dengan lomba desain poster dan video pendek siswa kelas XII bagi SMA/SMK/MA, yang terkait dengan penerimaan maba dan penggambaran program studi yang ada di Unismuh Makassar.

Pejabat Unismuh yang hadir, Ketua BPH Unismuh Makassar Muh Syaiful Seleh, Wakil Rektor I Abd Rakhim Nanda, Wakil Rektor II Andi Sukri Syamsuri, Wakil Rektor III Muhammad Tahir dan Wakil Rektor IV Saleh Molla.(hadi/riz)