Mu’allimaat Berwawasan Internasional, Tingkatkan Skill Bahasa bersama Kampus Malaysia

Mu’allimaat Berwawasan Internasional
Mu’allimaat Berwawasan Internasional

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Sekolah dengan wawasan internasional merupakan salah satu cita-cita yang terus diupayakan oleh Madrasah Mu’allimaat. Langkah strategis yang dilakukan adalah dengan menjalin berbagai kerjasama dengan pihak luar negeri, salah satunya adalah Negara Malaysia. Hari Jumat, 22 Januari 2021, Madrasah Mu’allimaat mengadakan agenda “English Talk With UKM”, UKM adalah kepanjangan dari Universiti Kebangsaan Malaysia. Dengan mengusung tema Practicing English for Better Self, Mu’allimat juga menggandeng IRO (International Relations Office) UMY.

Acara tersebut dilangsungkan secara virtual untuk kelas IV yang dimulai dengan penyampaian sambutan oleh tiga perwakilan dari masing-masing lembaga, yakni Direktur Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, Perwakilan dari UKM, dan Kepala IRO UMY. Dilanjutkan dengan acara inti, yakni pembagian kelompok kecil bersama 10 mentor, 7 dari UKM dan 3 merupakan mahasiswa asing UMY.

“Acara ini merupakan inovasi yang sangat luar biasa dan harus selalu dikembangkan. Selain menambah wawasan internasional juga sebagai ajang untuk silaturahmi dan bekerjasama dengan pihak mancanegara”, ujar Agustyani Ernawati, M.Pd. mengawali sambutan. Dilanjutkan dengan pengampaian sambutan yang kedua oleh perwakilan dari International Relations Centre UKM Global, yakni Mr. Hafiz Rasul Mohamed, merupakan Senior Executive and Assistant Registrar.

“Ini adalah agenda perdana, dan satu yang menjadi harapan kami yakni tetap untuk terus bekerjasama, saling bertukar pikiran dan menambah wawasan. Bahkan harapan terbesarnya adalah Madrasah Mu’allimaat bisa berkunjung secara langsung ke Malaysia”, jelas beliau penuh semangat. Dan kepala IRO UMY mengakhiri sambutan pada acara ini, “agenda seperti ini harus selalu dilestarikan dan harapannya tetap bekerjasama dengan IRO UMY”,  pungkas Mr Yordan Gunawan, Head of International Relations Office.

Setelah serangkaian sambutan diselesaikan, dilanjutkan dengan perkenalan singkat oleh 10 mentor yang akan membersamai seluruh peserta dalam kelompok kecil melalui breakout room. Para mentor di masing-masing ruangan akan memaparkan materi dan melakukan game yang telah disiapkan dan dilanjutkan dengan sesi speaking untuk memperlancar komunikasi. Speaking skill ini merupakan salah satu dari tujuan yang hendak dicapai dalam egenda ini dari beberapa tujuan lainnya. Hal tersebut senada dengan penyampaian dari Ustadz Dwi Setyawan, M.Pd selaku Staf Urusan Bahasa Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta pasca kegiatan“Agenda English Talk With UKM ini mempunyai lima tujuan utama.

Baca Juga:   Madrasah Mu’allimaat Terapkan ‘Jalur Satu Arah’

“Pertama santriwati dapat berkomunikasi aktif, berbicara dan merespon dengan Bahasa Inggris. Kedua, peningkatan kemampuan berbahasa Inggris, khususnya dalam aspek speaking dan listening. Ketiga adalah tumbuh rasa keberanian dan tidak malu untuk menyampaikan ide gagasan. Keempat yaitu meningkatnya wawasan Bahasa Inggris secara umum. Terakhir adalah bisa mengambil nilai-nilai wawasan Bahasa Inggris,” jelasnya.

Antusias peserta didik sangat luar biasa, yakni ditandai dengan aktifnya forum percakapan yang dibangun pada breakout room. Agenda ini diakhiri dengan kembali ke ruang zoom utama dan dilakukan evaluasi bersama. Sebagai bentuk follow follow up, beberapa agenda akan dikerahkan antara lain upaya terciptanya iklim motivasi untuk selalu belajar Bahasa Inggris dan akan dilaksanakan agenda yang senada. (LTA)