Bedah Rumah, Lazismu dan Hasanah Mart Wujudkan Mimpi Bu Arbaiyah

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Ibu Arbaiyah, buruh cuci dengan empat anak, tinggal di gubuk tua berdinding tepas yang nyaris rubuh. Arbaiyah dengan gaji  Rp 400 ribu/bulannya harus menghidupi anak-anaknya. Manalah ia punya pikirian untuk memperbaiki rumahnya. Ia tinggal di Dusun II Pendidikan Kecamatan Haparan Perak, Kabupaten Deli Serdan, Sumatera Utara.

Prihatin dengan kondisi kehidupan Arbaiyah, terutama bila situasi hujan lebat, selain air masuk ke dalam rumah juga Arbaiyah dan anak-anaknya kuatir kalau rumah itu rubuh karena bagian depan dari rumah itu sudah tampak miring.

Melihat kondisi Arbaiyah yang sangat memerihatinkan itu, menarik LazisMu untuk mencoba melakukan perbaikan melalui program  ‘Bedah Rumah’. Program Bedan Rumah dalam rangka Milad ke108 Muhammadiyah yang dikerjasamakan antara LazisMu Medan dengan Pengusaha Hasanah Mart itu akhirnya selesai dan kemudan diserahkan kepada pemiliknya, Rabu (3/2) siang.

Penyerahan dihadiri oleh Ketua PDM Medan Drs. Burhanuddin MAg, Sekretaris PWM Sumut Drs. Irwan Syahputra MA, Direktur Hasanah Mart H. Zulman, Wakil Ketua PDM Medan / Koorbid LazisMu Drs. Adrika, Ketua LazisMu Medan Muhammad Arifin Lubis, Direktur LazisMu Medan Putrama Alhair, Sekretaris PCM Medan Helvetia Rindowi dan Sekretaris PRM Tanjung Gusta Irwan.

Proses penyerahan Bedah Rumah ditandai dengan berlangsung pengajian bersama warga sekitar dengan penceramah Ustadz Irwan Syahputra.

Apresiasi PDM Medan kepada LazisMu
Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Medan Drs. Burhanuddin MAg menyampaikan apresiasi atas kerja LazisMu yang telah melakukan bedah rumah untuk  dhuafa Arbaiyah, semoga rumah yang selesai dibangun itu dapat memberika kebahagian kepada warga yang dibantu. LazisMu tidak hanya membantu merehabilitsi rumah tapi juga memberika bantun konsumsi kepada warga.

PDM Medan juga meberikan apresiasi kepada Hasanah Mart yang menjadi donatur dari kegiatan Bedah Rumah di Hamparan Perak itu.

Baca Juga:   Rumah Sehat untuk Fakir Miskin

Sementara itu Direktur LazisMu Kota Medan, Putrama Al Khair menjelaskan semoga bantuan bedah rumah ini memberi keberkahan baik kepada donatur maupun pemilik rumah. Putrama menjelaskan, bedah rumah dalam rangka milad Muhammadiyah itu akan menjadi percontohan bagi program yang sama dimasa yang akan datang.

Pada kesempatan yang sama, Arbaiyah, dengan nada suara yang serak menyampaikan apresiasi kepada Muhammadiyah. ” Saya tidak bisa mengucapkan kata-kata sebagai bentuk rasa terima kasih saya. Sungguh saya sangat terharu,” jelas Arabiyah.

Di tengah suasana penyerahan hasil bedah rumah dan pengajian  itu, Donator Hasanah Mart menyerahkan bantuan 30 Al-Quran kepada warga dengan harapan warga dapat mempelajaran Al-Quran itu dengan baik. (Syaifulh/Masnal Rivai/Riz)