Muhammadiyah Jateng Pelopori Gerakan Peduli Sampah

Salah satu siswa Muhammadiyah di Jawa Tengah dalam gerakan Peduli Sampah Dok SM

SEMARANG, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) dan Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah, dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2021, mengadakan kegiatan Gerakan Muhammadiyah Peduli Sampah (GMPS), menginisiasi semua warga persyarikatan muhammadiyah se Jawa Tengah melalui webinar pada hari sabtu 6/02/2021 M bertepatan dengan 24 Jumadil akhir 1442 H, pukul 19.30 sampai dengan 22.00 wib.

Diikuti peserta dari segenap pengurus IGABA, pengurus dan pimpinan sekolah TK sampai SMA, pimpinan perguruan tinggi, pengurus masjid, pengelola panti asuhan, serta LLHPB aisyiyah daerah se Jawa Tengah.

Hadir dalam acara tersebut Ketua PWM Jawa Tengah KH Tafsir dan segenap jajarannya, juga ketua PWA Jawa Tengah Ummul Baroroh, wakil ketua PWA koordinator yang membidangi LLHPB besera segenap jajarannya.

KH Tafsir dalam arahannya,mengatakan bahwa atas nama PWM sangat mengapresiasi kepada para inisiator dan penggerak acara GMPS yaitu Majelis Lingkungan Hidup PWM dan LLHPB PWA. “Karena 2 unit inilah yang bersama-sama bergerak di bidang Lingkungan Hidup.” terangnya.

Berkaitan dengan membangun kesadaran teologis dan kosmologis. ”Mari kita bangun kesadaran kosmologis untuk senantiasa berwawasan bagaimana membangun bumi hijau. Kalau kita mampu membangun dan mengimplementasikan dalam praktek kehidupan sehari-hari, insyaallah keseimbangan hidup akan terjaga dengan baik. Persoalannya tidak mudah membangun kesadaran dan mengimplementasikannya,” ungkap KH Tafsir.

Lebih lanjut dalam arahannya, ”Mari GMPS sebenarnya adalah dilandasi oleh kesadaran kosmologis yang biasa di sebut gerakan bumi hijau, yang ramai dikenal dengan istilah Go Green, tidak semata-mata menjadi persoalan lingkungan hidup, tapi bagian dari kesadaran teologis kita sebagai muslim, dengan mengacu pada hadis nabi Muhammad SWA,’Addunya khodirotun’ yang artinya menghijaukan bumi,”jelasnya.

Acara inti dipandu sebagai moderator yaitu wakil ketua Majelis Lingkungan Hidup PWM Jateng Bagus Irawan, dengan narasumber Ketua Majelis Lingkungan Hidup PWM Jateng Syafrudin dan seorang praktisi yaitu Ketua Forum Komunikasi Bank Sampah Klaten Muhammad Agus Mustawa , dilanjut pengarahan teknis kegiatan dilapangan oleh Ketua Divisi Lingkungan Hidup PWA Jateng Deny Ana I’tikafia.(Riz)

Baca Juga:   Lihat Sampah Ambil, Pendidikan Karakter MI Muhammadiyah Blondo