Semakin Dipercaya, Batubara dan Asahan Gandeng UMSU Bangun Sumber Daya Manusia

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Pemerintah Kabupaten Asahan dan Kabupaten Batubara siap bersinergi dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dalam pengembangan sumber daya manusia di daerah. Kepercayaan dua Kabupaten di Sumatera Utara merupakan sebuah tanggungjawab akademis bagi UMSU untuk komit mendorong kemajuan ke dua kabupaten yang berbatasan itu.

“UMSU merupakan universitas yang sudah memiliki nama besar sebagai perguruan tinggi swasta satu-satunya yang terakreditasi A. Pemkab Batubara bersama Pemkab Asahan pada prinsipnya siap bersinergi dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia,” kata Sekretaris Daerah Pemkab Batubara , Sakti Alam Siregar, SH dalam pertemuan silaturrahim yang diikuti 135 kepala sekolah dan pengawas sekolah di lingkungan Pemkab Batubara dan Asahan dengan UMSU di Batubara.

Sakti Akam Siregar kepada Jurnalis ” Suara Muhammadiyah” menjelaskan, hubungan kerjasama antara Pemkab Batubara, termasuk dengan Asahan sebenarnya sudah cukup lama. Acara silaturahim inj menjadi dorongan dalam menjalankan program peningkatan sumber daya manusia. “Ini adalah momen yang penting dalam meningkatkan rangking pendidikan di Sumatera Utara,” katanya saat memberikan sambutan.

Kata Sakti,  Batubara mengalami pertumbuhan yang menjanjikan. Pembangunan infrastruktur yang pesat akan menjadikan Batubara sebagai “Roterdam”nya Indonesia.
Sekda memberikan apresiasi kepada UMSU yang telah melakukan sosialisasi ke daerah dalam rangka mendorong dan meningkatkan pemahaman tentang pendidikan di perguruan tinggi. Dia mempersilahkan sekolah SMA dan SMK untuk membangun sinergi dengan UMSU.

Dia menilai UMSU selama ini telah memberikan solusi bagi masyarakat untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi melalui program beasiswa yang cukup banyak untuk para siswa berprestasi di daerah. “Sesungguhnya banyak anak-anak cerdas lahir di daerah pesisir Batubara dan Asahan, untuk itu para kepala sekolah diharapkan bisa menggali potensi sekaligus memberikan motivasi kepada para siswa agar mau melanjutkan ke pendidikan tinggi,” katanya.

Baca Juga:   Toko SM Terbitkan Batik Nasional MPKU

Menyiapkan Generasi Berkualitas

Hal serupa juga disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan, Drs. Sofyan, MPd yang mendukung upaya UMSU untuk peningkatan sumber daya manusia di daerah. “Kegiatan seperti ini harus terus digalakkan untuk menumbuhkan motivasi dalam menciptakan generasi muda berkualitas yang diharapkan mampu berperan serta dalam mensukseskan program pembangunan,” katanya.

Sebelumny, Wakil Rektor III UMSU, Dr. Rudianto, MSi menjelaskan, tentang profil UMSU yang merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta di Pulau Sumatera terakreditasi A. UMSU juga memiliki 15 program studi terakreditasi A serta menjadi universitas swasta terbaik di lingkungan LLDikti Wilayah Sumut.

Turut hadir sebagai narasumber dalam silaturrahim UMSU dengan Para Kepala sekolah SMA dan SMK se Kabupaten Asahan dan Batubara, Muhammad Arifin, Kepala Unit Promosi dan dosen UMSU, Drs Syaiful Syafri, salah seorang dosen FISIP UMSU serta Kacabdis Pendidikan Kisaran, Kurnia Utama, ST yang didampingi Bagian Umum, Cabdis Kisaran, T. M kbusairy, SSTP.

Acara silarurahim yang diisi paparan tentang profil dan prestasi UMSU mendapat sambutan antusias para kepala sekolah. Pertemuan diharapkan bisa berlanjut sehingga akan memberikan gambaran lebih jelas serta motivasi bagi para peserta didik untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

Acara silaturahim turut dihadiri, para wakil dekan III di lingkungan fakuktas se UMSU, Kepala Humas dan Protokoler serta tim promosi UMSU. (Syaifulh/Riz)