In Memoriam Abdi Zulkarnain Sitepu: Kader IRM Awal, Kaprodi KPI UM Bengkulu

Abdi Zulkarnain Sitepu
Abdi Zulkarnain Sitepu Dok Istimewa

Kabar meninggalnya Abdi Zulkarnain Sitepu, MAg pada tanggal 4 Februari 2021 mengejutkan berbagai pihak. Kabar itu disampaikan oleh Imam Ahmad Amin, M.Psi aktifis IPM yang juga teman sejawatnya di Universitas Muhammadiyah Bengkulu di group WA Alumni IRM IPM.

Ucapan bela sungkawa dan kesan kesan datang dari teman sejawatnya melalui group WA Alumni IRM IPM.

Agung Danarto teman akrabnya saat di Jogjakarta menyampaikan “Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Turut berduka cita dan merasa kehilangan. Mas Abdi Zulkarnain Sitepu adalah aktifis yang berdedikasi dan berkomitmen”.

“Mitra yunior di IPM sejak dia di Ranting sampai Pimpinan Pusat. Selamat jalan mas Abdi. Terakhir ketemu di Bengkulu jelang tanwir Muhammadiyah. Semoga Allah mengampuni semua dosa dan menyiapkan surga untukmu”, tambah Agung Danarto Sekretaris PP Muhammadiyah.

Menurut Irvan Islami teman satu kost selama dua tahun terakhir Abdi Zulkarnain di PP IRM periode 1993-1996. Ia anggota bidang Pengkajian dan Pengembangan Dakwah bersama Farid Nasrudin, Iman Nurdin, Irfan Haris, Budiono, Dyah Mardiyah. Waktu itu saya sebagai sekretaris.

“Meski marga Sitepu tetapi perasaannya halus seperti orang Jogjakarta. Kesan semula bila awal jumpa ‘agak sangar’ namun bila sudah mulai bercanda bisa lepas tawanya. Kami sering masak bersama karena tinggal sekost selama 1-2 tahun”, ujar Irfan Islami anggota MPK PP Muhammadiyah ini.

Arif Budiman sekretaris PP IRM 1993-1996 memberikan kesan tersendiri “Bang Abdi Sitepu orang baik. Sudah lama ditemani DM. Saya berkesempatan bertemu dan diajak ke rumah serta makan di sebuah tempat yang menyenangkan saat Rakornas LPCR di Bengkulu”.

“Rumahnya dipenuhi buku, dan tanam-tanaman. Ia pembelajar yang serius. Allahummaghfirlahu warkhahu wa’afihi wa’fu anhu”, kenang Arif Budiman yang saat ini menjadi anggota Majelis Pustaka PP Muhammadiyah.

Baca Juga:   Lakukan Advokasi, Nasyiatul Aisyiyah: Baiq Nuril Korban Kekerasan Sistemik Penegakan Hukum Indonesia

Pada saat takziah virtual melalui zoom meeting atas wafatnya Abdi Zulkarnain Sitepu yang diselenggarakan Ahad (7/2/2001) pukul 20.00 WIB ucapan bela sungkawa dan kesan kesan disampaikan juga oleh Ketua PWM Bengkulu, Ketua BPH UMB, Rektor UM Bengkulu, dan Dekan FAI UM Bengkulu. Acara ini diikuti hampir seratus peserta.

Aktifis yang berbadan subur dengan suara yang khasnya agak serak serak ini. Dikenal sangat santun dan jaringannya sangat luas.

Abdi Zulkarnain Sitepu adalah aktifis Pimpinan Pusat IRM / IPM periode 1993-1996. Semasa Mahasiswa juga aktif di IMM.

Setelah menyelesaikan kuliyahnya di IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ia kembali ke kampung halamannya dan menjadi dosen di UMSU Medan. Pada tahun 1998 ia hijrah ke Bengkulu dan menjadi dosen di Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Riwayat Hidupnya

Abdi Zulkarnain Sitepu, S,Ag, M.Ag lahir pada tanggal 07 Januari 1970 di Jandimeriah Kabupaten Karo, provinsi Summatera Utara. Ia putra dari H. Amir Imam Hidayat Sitepu dan Hj Hasna.

Pendidikannya dilalui di SDN 2 Batu Karang, kecamatan Payunbg lulus tahun 1983, SMPN 1 lulus Moga, Kabupaten Pemalang lulus tahun 1986, SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta lulus tahun 1989. Perguruan tingginya ditempuh di Fakutas Ushuluddin IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta lulus tahun 1995 dan Pasca Sarjana IAIN Raden Intan Bandar Lampung lulus tahun 2007.

Riwayat pekerjaan sebagai dosen sejak tahun 1996-1998 mengajar di FKIP UMSU Medan, Dosen Luar Biasa Universitas Muhammadiyah Lampung 2004-2006. Dosen KPI FAI Universitas Muhammadiyah Bengkulu sejak tahun 1998. Kemudian menjabat sebagai Ketua Prodi (Kaprodi) KPI FAI UM Bengkulu.

Abdi Zulkarnain Sitepu mengajar juga di SMAM 2 Kota Bengkulu tahun 2000-2002, SMKM 9 Kota Bengkulu tahun 2001-2004, dan SMA Pallawa Kota Bengkulu, tahun 2001-2004.

Baca Juga:   Duka Mendalam untuk dr Adriani Kadir

Di luar pekerjaan sebagai dosen dan guru Abdi Zulkarnain pernah bekerja di BMT Al-Aula PWM Sumatera Utara tahun 1996-1998 dan sebagai sekretaris eksekutif PW. Muhammadiyah Bengkulu tahun 2000-2004.

Abdi Zulkarnain Sitepu
Foto saat aktif di IPM. Abdi Zulkarnain berdiri paling belakang

Pengalaman Organisasi

Abdi Zulkarnain Sitepu memulai berorganisasi sejak duduk di bangku SMAM 3 Yogyakarta sebagai Ketua IPM Ranting tahun 1988. Pada tahun 1990 ia menjabat Kabid Dakwah PD. IPM Kodya Yogyakarta. Sebagai Wakil Ketua PW IPM di Yogyakarta tahun 1992. Ketua Litbang PW IRM Yogyakarta tahun 1993. Ditingkat Pimpinan Pusat IRM Tahun 1993-1995 sebagai Ketua Bidang Dakwah Pimpinan Pusat IRM

Ia juga aktis sebagai Ketua Bidang Kader IMM Bengkulu tahun 1998, Sekretaris Umum DPD IMM Bengkulu tahun 1999 dan Wakil Sekretaris PW Pemuda Muhammadiyah Bengkulu tahun 2003

Abdi Zulkarnain meniti jabatan di Persyarikatan Muhammadiyah mulai dari bawah. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah Pinang Mas tahun 2000-2005. Wakil Ketua PCM Bengkulu III tahun 2000-2005, kemudian menjadi Sekretaris Dikdasmen PCM Bengkulu I 2015-2020.

Di tingkat Wilayah ia menjadi Wakil Sekretaris Majelis Tabligh PWM Su