Muhammadiyah Jateng: Menjaga Kebersihan bagian dari Iman

Kebersihan Jateng
Ketua PWM Jateng KH Tafsir

SEMARANG, Suara Muhammadiyah – Dalam menyukseskan Gerakan Muhammadiyah Peduli Sampah (GMPS), Segenap Pimpinan Wilayah Muhammadiyah yaitu ketua PWM KH Tafsir beserta jajarannya pada Majelis Lingkungan Hidup (MLH) dan Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah beserta segenap pengurus Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) menyelenggarakan webinar kedua kalinya pada Sabtu (13/2/2021).

Turut mendukung acara, hadir pula dalam acara tersebut dari unsur MPI PWM dan MDMC Jateng. Para peserta webinar berasal dari Pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah dan Aisyiyah, Pimpinan kantor PDM dan PDA, Pimpinan Rumah Sakit Muhammadiyah dan Aisyiyah , Pengurus Qorryah Toyyibah Pimpinan Daerah Se Jawa Tengah serta beberapa partisipan, yang berminat menimba ilmu tentang GMPS.

Acara dipandu oleh Host Dzikrina Farah Adiba, Pembawa acara duet Lala bidah dan Dian Tantowi, serta moderator Bagus Irawan.

Mengawali acara, sambutan dari Wakil Ketua PWA Jateng koordinator yang membidangi LLHPB Chusnul Hayati, turut memberikan semangat. ”Muhammadiyah dan Aisyiyah selalu menjadi pionir paling awal terhadap beberapa masalah, baik agama, sosial,ekonomi, hukum, juga kesehatan.Termasuk kepedulian lingkungan terutama dalam pengelolaan sampah,” jelasnya.

Dalam arahannya KH Tafsir, selaku ketua PWM sangat apresiasi terhadap semua yang terlibat di GMPS. “Gerakan ini tidak hanya berhenti pada seminar ataupun seremonial, tapi ada aksi nyata dari seluruh warga Muhammadiyah untuk bagaimana peduli dengan sampah,” harapnya.

Lebih lanjut dalam arahannya mengajak warga Muhammadiyah peduli, memberikan solusi terhadap persoalan sampah yang semakin menggunung. “Semua mengganggu kebersihan, baik lingkungan skup kecil yaitu rumah kita, maupun skup lebih besar lagi. Mampu memberikan motivasi, semangat, spirit, tidak semata-mata kebersihan, namun sebagai bagian dari ibadah karena menjaga kebersihan adalah bagian dari iman kita,” harapnya.

Baca Juga:   Tafsir: Muhammadiyah Berkemajuan Menyesuaikan Perkembangan Zaman

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari MLH PWM Profesor Syafrudin tentang sampah adalah sumber daya, dilanjut materi tentang Pengolahan Sampah Terintegrasi oleh seorang praktisi Bank Sampah sebagai Fasilitator Lingkungan Hidup Klaten, Agus Mustawa, serta Penjelasan Petunjuk Teknis Pelaksanaan GMPS di Lapangan oleh Ketua Divisi Lingkungan Hidup PWA Jateng Deny Ana I’tikafia. (Riz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here