Aisyiyah Berkomitmen Jadi Garda Terdepan Pembela Lingkungan

Publish

2 February 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
134
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SUKOHARJO, Suara Muhammadiyah - Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana bersama Majelis Tabligh dan Ketarjihan Pimpinan Daerah Aisyiyah Sukoharjo mengadakan kajian perdana tentang Fiqih Lingkungan yang bertema Menyambut Ramadhan sebagai Momentum Perubahan” melalui platform Zoom Meeting. Aisyiyah, sebagai organisasi wanita Muhammadiyah, telah lama dikenal sebagai pilar pendidikan, sosial, dan kesehatan. Kajian ini menyoroti upaya dan kontribusi nyata yang telah dilakukan oleh Aisyiyah dalam melestarikan lingkungan alam.

Acara dimulai dengan sambutan dari Ketua PDA Sukoharjo, Dra. Indiah Dewi Murni, M.Pd. Beliau menyampaikan pentingnya peran Aisyiyah menjadi Garda terdepan atau inisiator  dalam menciptakan kesadaran menjaga lingkungan hidup dan menjalankan aksi nyata demi keberlanjutan lingkungan.

Salah satu poin kunci dalam kajian ini adalah program-program lingkungan yang telah diimplementasikan oleh Aisyiyah di berbagai daerah. Dari paparan yang disampaikan oleh Dra. Indiah Dewi Murni, M.Pd, menyebutkan bahwa Aisyiyah harus mampu menunjukkan kerja nyata dalam aksi menjaga Lingkungan guna ikhtiar merawat alam.

"Hal tersebut bisa terwujud bukan hanya dai bidang LLHPB saja akan tetapi butuh peran dan kontribusi dari semua anggota dan pimpinan", Ucap Ketua PDA Sukoharjo (31/01/2024).

Ketua Majelis Lingkungan Hidup Cabang Blimbing, Ust Awaludin Mufti Efendi, M.Si yang menjadi narasumber pada kajian ini, memaparkan bahwa masalah lingkungan bukan merupakan hal yang mudah ditangani, perlu adanya kesadaran dan kolaborasi bersama untuk mewujudkan keberhasilan bersama.

"semoga Ramadhan nanti bisa jadi momentum untuk menjadi insan yang lebih bijak dalam memilah dan memilih sampah", tuturnya.

Sejumlah peserta kajian mengajukan pertanyaan dan memberikan apresiasi terhadap langkah-langkah nyata yang telah diambil oleh Aisyiyah. Beberapa peserta juga menyoroti perlunya kolaborasi lintas sektor untuk meningkatkan dampak positif dalam upaya menjaga lingkungan.

Dalam hal ini, para peserta setuju bahwa Aisyiyah memiliki potensi besar untuk menjadi penggerak utama dalam membangun kesadaran lingkungan di masyarakat. Dengan jaringan yang luas dan keberadaan di berbagai lapisan masyarakat, Aisyiyah dapat menjadi kekuatan positif dalam menciptakan perubahan menuju gaya hidup yang lebih ramah lingkungan.

Kajian ini menciptakan momentum yang penting untuk memperkuat peran Aisyiyah dalam menjaga lingkungan. Diharapkan, langkah-langkah positif yang telah diambil oleh Aisyiyah dapat menjadi inspirasi bagi organisasi lain dan masyarakat umum untuk turut serta aktif dalam melindungi keberlanjutan alam. (*)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Purwoker....

Suara Muhammadiyah

2 December 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah -  Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik Universitas Muhammad....

Suara Muhammadiyah

29 December 2023

Berita

 YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pemanfaatan teknologi dan ilmu pengetahuan demi terwujudnya S....

Suara Muhammadiyah

28 January 2024

Berita

GUNUNGKIDUL, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Ranting Muhammadiyah Rongkop menggelar pembekalan penguru....

Suara Muhammadiyah

19 November 2023

Berita

GOWA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Gowa kembali menerjunkan 48 ....

Suara Muhammadiyah

24 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah