Belasan Dosen UMMAD Ikuti Pelatihan Penulisan Artikel Riset Bibliografi Tahap 2

Publish

4 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
175
Foto Istimewa

Foto Istimewa

MADIUN, Suara Muhammadiyah - Belasan tenaga pengajar Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) mengikuti Pelatihan Penulisan Artikel Riset Bibliografi tahap kedua di Ruang Rapat 1 Kampus 1 UMMAD, Senin (4/12).  
Seperti pelaksanaan pelatihan Pelatihan Penulisan Review Paper tahap pertama pada Senin (20/11), pelatihan sesi kedua ini juga menghadirkan dua pemateri dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). 

Mereka adalah Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc., yang juga merupakan Wakil Rektor bidang V UMY, dan Dr. Fajar Junaedi, yang menjadi reviewer di lebih dari lima belas jurnal.

Fajar Junaedi menerangkan, pada pelaksanaan pelatihan Pelatihan Penulisan Artikel Riset Bibliografi tahap pertama dua pekan lalu dosen UMMAD dilatih cara-cara membuat artikel berbasis review paper di jurnal.

“Kami mengajak teman teman  dosen menguasai penelusuran bibliografi memanfaatkan akses Scopus dan memanfaatkan aplikasi VOS Viewer untuk riset bibliografi berbasis riset -rset  berbagai jurnal terindeks Scopus,” kata Fajar.

Kemudian pada pelatihan tahap kedua saat ini, dosen  dilatih menulis artikel jurnal dengan model artikel riset bibliografi sesuai prodi masing-masing.  

“Pada pelatihan ini kami mengajak dosen UMMAD untuk menggunakan data yang telah didapatkan sebelumnya yang diambil Scopus dan VOS Viewer untuk diolah jadi artikel jurnal sesuai dengan template jurnal, ruang lingkup jurnal dan kaidah pembuatan jurnal,” terang Fajar Junaedi.

Fajar Junaedi menambahkan, sebagai luaran dari pelatihan ini, diharapkan setelah pelatihan kedua ini dilakukan, para dosen UMMAD mampu melakukan publikasi artikel di berbagai jurnal. 

Harapannya juga setelah menguasai penulisan artikel riset berbasis bibliografi semakin banyak publikasi dari dosen UMMAD. “Untuk selanjutnya dapat ditularkan kepada mahasiswa,” kata pengajar Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMY tersebut. (Pujoko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANJARBARU, Suara Muhammadiyah – Bedah Rumah merupakan salah satu program unggulan Lazismu Kot....

Suara Muhammadiyah

27 March 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - LAZISMU Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah melalui Divisi Research ....

Suara Muhammadiyah

27 February 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka terciptanya keluarga sehat, bahagia dan sejahtera....

Suara Muhammadiyah

24 July 2023

Berita

TEGAL, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah (PDNA) Kabupaten Tegal, Jawa Te....

Suara Muhammadiyah

23 October 2023

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah – PCM Kasihan menyelenggarakan Rapat Kerja bertempat di SMA Muhamma....

Suara Muhammadiyah

11 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah