Dakwah Kemanusiaan Semesta 'Aisyiyah Kota Sukabumi

Publish

3 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
180
'Aisyiyah Kota Sukabumi

'Aisyiyah Kota Sukabumi

SUKABUMI, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Jawa Barat menyelenggarakan silaturahim Idul Fitri dan konsolidasi organisasi yang dilaksanakan sekaligus dalam menyongsong Milad Aisyiyah ke-107. Mengusung tema Dakwah Memperkokoh dan Memperluas Dakwah Kemanusiaan Semesta. Acara ini diselenggarakan pada Rabu, 1 Mei 2024 di Aula Masjid Raya Mujahidin Bandung, dihadiri oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, Dr. apt. Salmah Orbayinah M.Kes. Tampak hadir juga Ketua, Sekretaris, dan Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat, kemudian Jajaran Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Jawa Barat serta seluruh Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah se Jawa Barat.

Dalam sambutannya, Ketua Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Jawa Barat Dra. Hj. Ia Kurniati, M.Pd. menyatakan bahwa terselenggaranya acara ini sebagai momentum untuk menyongsong Milad ‘Aisyiyah ke-107 pada 19 Mei 2024 mendatang, dan sekaligus sebagai langkah konsolidasi organisasi ‘Aisyiyah di Jawa Barat. Selanjutnya Ketua PWA Jabar menyatakan, “Meskipun ‘Aisyiyah adalah organisasi perempuan, namun para anggotanya adalah perempuan yang memiliki tekad kuat dalam meraih kesuksesan dalam berbagai bidang kehidupan. Pada bidang pendidikan, Aisyiyah memiliki sekolah mulai dari tingkat anak usia dini, dasar, menengah hingga perguruan tinggi. Kami bukanlah perempuan biasa-biasa saja, kami adalah bagian dari organisasi besar di bawah naungan Muhammadiyah,” ujarnya. 

Prof. Dr. H. Ahmad Dahlan M.Ag, selaku Ketua PWM Jawa Barat, turut memberikan apresiasi terhadap peran ‘Aisyiyah sebagai organisasi otonom Muhammadiyah yang telah memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan Muhammadiyah di Jawa Barat. 

Sementara itu, Ketua Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah menekankan bahwa Silaturahmi ini menjadi momentum untuk memperkokoh pondasi organisasi. 

Acara ini tidak hanya menjadi ajang silaturahmi, tetapi juga sebagai panggung untuk konsolidasi dan sharing kegiatan/praktik baik yang sudah dilaksanakan oleh PD Aisyiyah se Jawa Barat. Agar menginspirasi dan memberikan  semangat dalam menghadapi tantangan ke depan. Dengan komitmen yang kuat, Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Jawa Barat dan seluruh PDA se Jawa Barat siap melangkah lebih jauh dalam mewujudkan misi kemanusiaan dan pemberdayaan perempuan, makin memperkokoh Aisyiyah sebagai gerakan perempuan Islam yang berkemajuan. 

Dalam acara konsolidasi organisasi  sharing praktik baik, ditampilkan 6 PDA se Jawa Barat dan salah satunya adalah PDA Kota Sukabumi yang dipaparkan oleh Dr. Hj. Amalia Nur Milla, MP.  selaku Ketua PDA Kota Sukabumi. Sesuai dengan tema yaitu Memperkokoh dan Memperluas Dakwah Kemanusiaan semesta. Amalia menyampaikan bahwa PDA Kota Sukabumi selalu memiliki kepedulian sosial sebagai salah satu syiar dakwah Islam amar makruf nahyi munkar.  Di Jawa Barat, mungkin PDA Kota Sukabumi merupakan satu-satunya PDA yang memiliki Kantor Layanan Lazismu yang diberi nama Lazismu KL Aisyiyah Kota Sukabumi. 

Berbagai kegiatan dakwah kemanusiaan dapat dilaksanakan dengan dana yang dihimpun oleh Lazismu KL Aisyiyah seperti Dakwah Kemanusiaan melalui Daycare Lansia Aisyiyah yang merupakan program lintas majelis dan lembaga. Melalui program sedekah beras, PDA Kota Sukabumi melalui Majelis Kesejahteraan Sosial memberikan santunan beras untuk lansia yang dhuafa, santunan anak yatim dan santunan sebagai bentuk kepedulian kepada siapapun yang terkena musibah. 

LBSO menyelenggarakan Senam lansia, Majelis Kesehatan melakukan penyuluhan kesehatan untuk lansia dan pemeriksaan kesehatan gratis. Majelis Tabligh dan Ketarjihan menyelenggarakan kajian-kajian tarjih, pesantren Ramadhan, Iktikaf bersama di Masjid At Taqwa dan kajian rutin di 15 Pengajian Aisyiyah yang ada di Kota Sukabumi yang memiliki 22 mubalighot yang tergabung dalam Corps Mubalighot Aisyiyah Kota Sukabumi.  LLHPB menyelenggarakan program sedekah sampah dan sirkular ekonomi memanfaatkan sampah dengan pelatihan Ecoenzym, ecobrick, membuat Mol dan POC, serta pelatihan pembuatan poster digital bekerjasama dengan tim RisetMu Universitas Muhammadiyah Sukabumi dengan ketua tim Reni Mulyani. 

Kolaborasi dengan pemerintah juga dilakukan melalui kerjasama dengan Dinas Sosial dan PDNA Kota Sukabumi menyelenggarakan pelatihan bahasa isyarat dan public speaking untuk difable. Menyelenggarakan pengajian difable dengan memfasilitasi terjemah dengan bahasa isyarat. Melalui Lazismu KL Aisyiyah, PDA Kota Sukabumi juga memberikan beasiswa Mentari bagi peserta didik di PAUD/Kober/TK ABA/SD dan MDTA Aisyiyah di Kota Sukabumi. Terdapat 6 sekolah Aisyiyah yang didorong menjadi sekolah premium oleh Majelis Paud Dasmen. 

Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan (MEK) Aisyiyah memiliki Koperasi Aisyiyah yang sudah berbadan hukum, terdapat juga usaha Aisy Frozen Food. Berbagai  Praktik baik ini diharapkan dapat memperkokoh Dakwah Kemanusiaan PDA Kota Sukabumi. Sedangkan upaya memperluas dakwah kemanusiaan semesta dilaksanakan dengan menggalang donasi bagi saudara-saudara kita yang sedang kesulitan baik dalam skala lokal, regional, nasional bahkan internasional seperti penggalangan dana untuk Palestina, Uighur dan Myanmar. Dalam waktu dekat ini PDA Kota Sukabumi juga sedang menggalang dana untuk ibdah Qurban secara kolektif. Semoga berbagai kegiatan baik ini terus dilakukan secara berkelanjutan semakin, menggembirakan membebaskan dan memberdayakan dan membawa kemaslahatan bagi umat. (diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BTM Amman Magelang Bangun Visi Transformasi Digital Setelah melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) X....

Suara Muhammadiyah

17 March 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - TIM Kreativitas Mahasiswa Kewairausahaan (PKM-K) Universitas Muhammadiyah....

Suara Muhammadiyah

28 September 2023

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah dr H Agus Taufiqurrahman SpS., MKes m....

Suara Muhammadiyah

24 March 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Dua Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) kembal....

Suara Muhammadiyah

20 October 2023

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) melaksanak....

Suara Muhammadiyah

10 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah