Dosen UNISA Lakukan Peningkatan Produktivitas Pokdakan Mina Sida Karya

Publish

2 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
149
Foto UNISA

Foto UNISA

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Tim Pengabdian Universitas ‘Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta menyelenggarakan pengabdian masyarakat di kelompok pembudidaya ikan (POKDAKAN) Mina Sida Karya Desa Sida Mulih Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas.  Rangkaian kegiatan ini dilangsungkan di wilayah POKDAKAN Mina Sida Karya satu pengurus desa wisata dari Juli hingga Oktober 2023.

Kegiatan tersebut melibatkan Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) Mina Sida Karya yang beranggotakan 8 orang. Tim Intan Marsekal yang terdiri dari Arif Bimantara (Prodi Bioteknologi), M. Nurdin Zuhdi (Prodi Fisioterapi), Ade Putranto Prasetyo Wijiharto Tunggali (Prodi Ilmu Komunikasi), Rinta Arina Manasikana, Dyas Ilham, Raka Al Marij, Nizar Abdurrafi, Najjiya Tsalitsa Maqdisa Mahmuds, dan Erpika Ambar Wahyuningsih memberikan materi dan pelatihan kepada anggota POKDAKAN Mina Sida Karya.

“Mitra sebenarnya memiliki potensi untuk berkembang dengan baik sehingga produktivitas budidayanya dapat meningkat. Namun karena keterbatasan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola budidaya gurame, maka usaha yang dilaksanakan selalu kurang optimal,” jelas Arif Bimantara, S.Pi., M.Biotech. selaku ketua tim pengabdia, mengenai permasalahan yang coba diselesaikan melalui program pengabdian. Arif menambahkan bahwa program intensifikasi budidaya perikanan mandiri berbasis sumberdaya local (INTAN MARSEKAL) bertujuan untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki mitra sehingga produktivitasnya meningkat. Program pengabdian yang dilaksanakan meliputi workshop intensifikasi budidaya perikanan, pembuatan sumur bor, workshop produksi pakan mandiri berkelanjutan dan workshop digital branding.

“Program Intan Marsekal sangat membantu kami dalam mengelola budidaya ikan gurame. Selama ini kami masih menggunakan cara tradisional dalam menjadalankan budidaya, setelah mengikuti kegiatan pengabdian terdapat banyak hal yang perlu kami benahi”, tegas Ruswanto selaku Kepala POKDAKAN Mina Sida Karya. Ruswanto juga menyatakan sangat gembira mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan perguruan tinggi, dalam hal ini UNISA Yogyakarta, dalam meningkatkan produktivitas usaha dari kelompok yang ia pimpin. UNISA Yogyakarta menjadikan program pengabdian menjadi kewajiban bagi seluruh dosen agar ilmu yang dimiliki dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. (Zahra)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PEKALONGAN, Suara Muhammadiyah - Bursa Kerja Khusus (BKK) Universitas Muhammadiyah Pekajangan P....

Suara Muhammadiyah

9 December 2023

Berita

BALI, Suara Muhammadiyah - Bertepatan dengan hari pahlawan dan jelang Milad Muhammadiyah 111 tahun, ....

Suara Muhammadiyah

11 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Memiliki jaringan yang kuat dalam skala internasional menjadi salah....

Suara Muhammadiyah

9 December 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka usaha memajukan bangsa melalui kecakapan digital, B....

Suara Muhammadiyah

29 November 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menerima tim verifikasi b....

Suara Muhammadiyah

30 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah