Halalbihalal PCM Sirampog, Jalin Kerjasama Dengan UMJ

Publish

18 April 2024
pcm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
134
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BREBES, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Muhammadiyah  (PCM) Sirampog menggelar acara halal bihalal dengan seluruh pengurus ranting, ortom dan seluruh Guru serta karyawan  amal usaha muhammadiyah yang ada di Cabang Sirampog. Acara ini digelar pada hari Rabu (17/5) bertempat di Gedung Dakwah Muhammadiyah Sirampog beralamat di Jl.Sanganjaya Manggis Sirampog , dimulai dari waktu bada dzuhur sampai dengan selesai. Seluruh peserta halal  bihalal lengkap memadati ruangan dan antusias mengikuti acara sampai selesai. 

Acara ini juga dihadiri oleh kader Muhammadiyah yang menjadi DPRD Kab.Brebes, Joni Waluyo serta disambut hangat langsung oleh Kepala Desa Manggis,Masruri. Suksesnya acara ini berkat kerjasama semua pihak terutama  pengurus PCM,Ortom, seluruh Pimpinan AUM Se-Cabang Sirampog serta dukungan dari tokoh-tokoh masyarakat lainnya. Diketahui AUM Muhammadiyah Sirampog yang bergerak dibidang pendidikan seluruhnya ada 30 dari mulai Paud,TK, SMP/Mts, MA/SMK, selain pendidikan juga ada BTM Kantor Layanan Sirampog dan Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Sirampog (dalam proses pembangunan).

Berbagai rangkaian acara dimulai dengan pembukaan, pembacaan tilawah, menyayikan lagu Indonesia raya dan mars Muhammadiyah, sambutan-sambutan dan acara inti tausiah oleh Ma’mun Murod Al-Barbasy selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). Para pengurus pleno PCM Cabang Sirampog dan jajarannya hadir mendampingi sampai selesai, antara lain Arifin selaku Ketua PCM  dan Wahibpudin sebagai Ketua Majelis Dikdasmen Sirampog serta pengurus pleno PCM lainnya.

“Alhamdulillah merasa bersyukur dan berterimakasih atas kehadiran Prof  Mamun Murod  di Sirampog, beberapa tokoh Muhammadiyah seperti Prof Amien Rais, Prof Abdul Muti dan KH.tafsir pernah berkunjung ke sirampog. Mudah-mudahan banyak tokoh yang  hadir kesini semakin memberi banyak ilmu dan sharing pengalaman untuk kemajuan pendidikan di Muhammadiyah Sirampog,” ujar Arifin dalam sambutannya.

Dalam kesempatan agenda halal bihalal 1445 H ini, PCM Sirampog menghadirkan PP Muhammadiyah juga sekaligus menjabat sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) yakni, Ma’mun Murod Al-Barbasy. Tujuanya dihadirkannya beliau di acara tersebut selain beliau asli kader dari Brebes adalah untuk memberikan arahan dan semangat dalam menjaga nilai-nilai kualitas kehidupan. Baik menjaga nilai dalam berdemokrasi berbangsa dan bernegara, menjaga nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan dan memperkuat identitas Muhammadiyah melalui kegiatan-kegiatan kaderisasi seperti Baitul Arqam. Ia memberikan kondisi realitas tentang demokrasi yang terjadi di Indonesia yang belum berjalan dengan baik masih digunakan hanya untuk kepentingan para elit politik.

“Mentalitas miskin di Indonesia masih dipergunakan untuk kepentingan demokrasi prosedural bagi para elit politik,” Ucap Ma’mun Murod dalam tausiahnya. 

Selain memberikan suntikan, penguatan ideologisasi bagi warga Muhamamdiyah Sirampog dan penyadaran tentang betapa pentingnya memperhatikan kondisi kehidupan berbangsa dan bernegara. Ia juga memberikan kesempatan bagi warga Muhammadiyah terutama yang ingin atau melanjutkan jenjang pendidikan di perguruan tinggi. Dalam hal ini,memberikan beasiswa S1,S2 dan S3 bagai Guru dan Karyawan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) Se-Cabang Sirampog serta memberikan kesempatan seluas-luasnya beasiswa kader bagi pengurus Muhammadiyah dan Ortom.

Sebagai bentuk legalitas kerjasama yang mengikat antara PCM Sirampog dan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) sepakat mentandatangani Memorandum of Understanding (MoU). Selain tentang beasiswa, pihak Kampus UMJ siap membantu  dan memberikan pendampingan kegiatan kemasyarakatan, penguatan pendidikan  sebagai bentuk kontribusi nyata kampus UMJ dalam mencerdaskan masyarakat dan menguatkan syiar dakwah Muhammadiyah melalui program pendampingan Cabang dan Ranting Muhammadiyah.

Sebagai bentuk terimakasih dan tindak lanjut acara halal bihalal serta  nasehat dari Ma’mun Murod terutama soal pendidikan dan penguatan ideologisasi, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Sirampog akan segera menyelenggarakan kegiatan penguatan kurikulum Sekolah melalui Workshop Kurikulum dan Baitul Arqam Guru.

“InsyaAllah dalam waktu dekat majelis Dikdasmen Cabang Sirampog akan mengadakan workshop kurikulum yang akan di ikuti oleh seluruh  kepala sekolah dan Waka kurikulum ,” ucap  Wahibpudin Selaku Ketua Majelis Dikdasmen PCM Sirampog.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Untuk mengembangkan olahraga di komunitas, Lembaga Pengembangan Ola....

Suara Muhammadiyah

28 October 2023

Berita

Menggerakkan Spirit Kemanusiaan untuk Palestina DEPOK, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Muhamma....

Suara Muhammadiyah

19 December 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menyelenggaraka....

Suara Muhammadiyah

9 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pemilu 2024 di depan mata. Pada Rabu (14/2) mendatang, seluru....

Suara Muhammadiyah

12 February 2024

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Malang kembali mengembangkan kawasan baru yang....

Suara Muhammadiyah

13 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah